Sehari, 30 ton Sampah Masuk TPA Wakatobi

15

SATULIS.COM, WAKATOBI – Jumlah produksi sampah yang berhasil diangkut oleh pegawai kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wakatobi mencapai hingga 30 ton setiap harinya.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Wakatobi, Jaemuna, Rabu (17/7) di ruang kerjanya.

Diungkapkan Jaemuna, jika dikalkulasi setiap orang warga Wangi-wangi memproduksi sampah sebanyak 0,4 kilogram per hari.

- Advertisement -

“Sesungguhnya peruntukan sampah itu 0,4 kilogram per hari per orang, sudah semuanya baik sampah plastik maupun bukan plastik,” bebernya.

Dikatakan dia, jumlah armada petugas kebersihan yang aktif beroperasi setiap harinya sebanyak enam truk. Masing-masing armada mampu mengangkut antara empat hingga lima ton.

“Kalau setiap hari mobil kita yang operasi ini ada enam armada truk sampah. Satu itu sekitar empat sampai enam ton per satu truk. Jadi katakanlah rata-rata lima ton per truk berarti 30 ton per hari,” paparnya.

Sampah-sampah itu bersumber dari limbah rumah tangga diwilayah Ibukota Wakatobi, Wangi-wangi mulai dari Numana hingga ke daerah Wandoka.

“Wilayah yang di ambil itu Numana, Mola, Mandati Raya sampai dengan di Wandoka,” jelas Jaemuna.

Setelah diangkut, sampah selanjutnya dibuang ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) terletak tak jauh dari pemukiman warga desa Komala, Kecamatan Wangi-wangi Selatan.

Untuk menekan besarnya volume tumpukan sampah di TPA, pihaknya saat ini mulai membangun rumah kompos pengolahan sampah non plastik. Sementara sampah plastik tengah diupayakan cara daur ulang. (Adm)

 

 

 

Peliput : Nuriaman

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Kelolah Sampah, DPRD Baubau Berguru ke Bandung