Sabtu, Oktober 26, 2024

RSUD Bahteramas Rawat Pasien Suspect Corona Asal Kendari

SATULIS.COM, KENDARI – Seorang warga Jalan Kijang, Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) inisial WY (22) diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah Bahteramas, Senin (3/2/2020).

WY mendapat perawatan khusus karena mengalami demam tinggi 39,7 derajat celsius, usai perjalanan wisata di Korea Selatan empat hari lalu. Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama RSUD Bahteramas Kendari, dr. Sjarif Subijakto membenarkan, bahwa pihaknya tengah merawat pasien yang dicurigai terpapar virus corona.

Pasien melakukan tur di Korea Selatan dengan rombongan sebanyak delapan orang dari Kendari. WY tiba di Kendari pada Rabu pekan lalu, kemudian hari Kamis dan Jumat masuk kerja di salah satu perusahaan swasta. Pada Sabtu (1/2/2020) pasien mengalami demam dan langsung dibawa ke puskesmas terdekat di Kecamatan Poasia, Kendari.

Sjarif menjelaskan, pada hari Minggu pasien masih demam, batuk dan lemas. Lalu, Sabtu sore pukul 15.00 WITA perawat di puskesmas tersebut memutuskan pasien dirujuk ke IGD Bahteramas karena mengalami demam 39,7 derajat Celcius.

“Berdasarkan hasil lab dinyatakan pasien flu biasa. Bila keadaan stabil pasien dipulangkan. Disebut suspect atau dicurigai, dan SOP sudah diisolasi, tinggal dievaluasi lab benar atau tidaknya,” ujar dr Sjarif Subijakto dihubungi melalui WhatsApp, Senin (3/2/2020).

Sjarif menambahkan, hingga saat ini keadaan umum pasien tengah membaik dan tidak ada keluhan. Ia mengimbau agar masyarakat tidak cemas dengan pasien suspect novel coronavirus (N-Cov2019) karena pasien sudah diisolasi.

“Hasil lab saat ini normal, pasien membaik. Semoga flu biasa saja. Tapi kami sudah waspada, jadi saya imbau masyarakat tetap tenang,” ujar Sjarif. (Adm)

Baca Juga :  Ali Mazi Rapat Bersama Sejumlah Menteri, Bahas Pendidikan Selama PPKM

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKLAN

Latest Articles