Sabtu, Oktober 26, 2024

BPS Catat Daun Kelor Sumbang Deflasi di Kota Baubau

SATULIS.COM, BAUBAU – Badan Pusat Statistik Kota Baubau, mencatat sepanjang bulan maret 2020, Kota Baubau mengalami inflasi sebesar 0,06 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) 102,26.

Inflasi yang terjadi di Kota Baubau disebabkan karena naiknya indeks harga pada kelompok makanan, minuman dan sembako 0,43 persen. Kelompok perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga 0,07 persen. Kelompok kesehatan 1,28 persen, serta kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya 0,62 persen.

Sedangkan kelompok yang mengalami penurunan indeks harga, yaitu kelompok pakaian dan alas kaki -0,35 persen. Kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar -0,02 persen. Kelompok transportasi -0,74 persen. Kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan -0,02 persen, serta kelompok rekreasi, olahraga dan budaya -0,35 persen.

Kelompok pendidikan serta kelompok penyedia makanan dan minuman/restoran, tidak mengalami perubahan dan relatif stabil.

Beberapa komoditas yang memberikan sumbangan deflasi adalah daun kelor, angkutan udara, kangkung, cabai rawit, ikan kembung, ikan gembung, ikan banyar, ikan gembolo, ikan aso-aso, ayam hidup, shampo, terong dan tomat.

Beberapa komoditas yang memberikan sumbangan inflasi adalah ikan layang atau ikan benggol, ikan katamba, ikan bubara, beras, deodorant, ikan baronang, gula pasir, bawang putih, emas perhiasan, ikan selar atau tude.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Baubau, Sudirman K menjelaskan, inflasi Kota Baubau di bulan maret hanya 0.06 persen. Angka itu terbilang sangat kecil.

Dikatakan Sudirman, angka inflasi 0.06 persen itu, belum mencatat kenaikan harga beras. Hal itu dikarenakan kenaikan harga beras di Kota Baubau, terjadi pada akhir bulan Maret. Sehingga akan di catat pada inflasi bulan berikutnya.

“Mungkin akan ada yang bertanya kenapa inflasi sangat kecil sedangkan ada kenaikan harga beras. Itu karena kenaikan harga beras terjadi di akhir bulan, sehingga dia akan di catat pada bulan berikutnya,” beber Sudirman kepada Satulis.com diruang kerjanya, Rabu (01/04/2020). (Adm)

Baca Juga :  Monianse Siapkan Aset Eks Buton Untuk Investor

Peliput : Firman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKLAN

Latest Articles