Sabtu, Oktober 26, 2024

KM Lambelu Bakal Disterilkan dan Dikarantina di Makassar

SATULIS.COM, Baubau – Menyikapi kesimpangsiuran informasi berkait KM. Lambelu yang dipersoalkan publik karena indikasi Virus Corona, khususnya publik Kota Baubau dan sekitarnya, akhirnya mendapat kejelasan dari pihak berwenang, yakni GM. Pelni Baubau dan Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Murhum Baubau dalam rapat terbatas Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Baubau Rabu malam ini (7/4) yang dipimpin Sekda Kota Baubau, Dr. Roni Muhtar, M.Pd.

“Telah dikoordinasikan pihak PELNI dan UPP Murhum Baubau, bahwa KM. Lambelu yang berlayar dengan rute Maumere-Larantuka-Baubau-Makassar di omisi menjadi Maumere-Makassar. Di Omisi artinya tidak menyinggahi pelabuhan Baubau,” kata Sekda Kota Baubau, Dr. Roni Muhtar, M.Pd, didampingi Pradigdo (Ka. UPP Baubau) dan Capt. Akhmad Sadikin (GM. PT. Pelni Baubau).

Omisi tersebut, kata Sekda dilakukan pihak PT. PELNI menyikapi kondisi terakhir berkait KM Lambelu yang belakangan banyak dibicarakan publik di daerah ini terkait informasi Covid-19.

“KM Lambelu akan disterilkan dan dikarantina di Pelabuhan Makassar. Temponya menyesuaikan di sana. Semua ABK-nya akan diperiksa di sana,” tegas Capt. Akhmad Sadikin (GM. PT. Pelni Baubau).

Dr. Roni Muhtar kembali menjelaskan bahwa berkait penumpang KM. Lambelu asal Kota Baubau yang turun hari Senin, 6 April 2020 lalu, akan diperketat pemantauannya lagi.

“karena tim gugus tugas telah memiliki data penumpang kapal tersebut, maka kami akan melakukan pemantauan lebih ketat lagi pada status mereka,” tandasnya.

Tak hanya itu, upaya pencegahan penyebaran Covid-19 ini tak hanya bagi penumpang KM. Lambelu saja tetapi segenap warga di kota ini melalui kerja para surveillance dan dokter di masing-masing wilayah.

“Intinya, upaya-upaya preventif akan terus dilakukan ke masyarakat hingga di tingkat RT/RW, agar penyebaran Covid ini dapat dicegah,” tutup Dr. Roni Muhtar. (Adm)

Baca Juga :  Polemik Aset, Warga Baubau Bakal Gugat Pemda Buton

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKLAN

Latest Articles