Sabtu, Oktober 26, 2024

MTSN 1 Baubau Cetuskan Sejumlah Program Unggulan

SATULIS.COM, BAUBAU- Mandrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) 1 Kota Baubau terus berbenah dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Berbagai program dicetuskan. Itu demi melahirkan output siswa yang cerdas dan berakhlak.

Kepala MTSN 1 Baubau, Mursali, S.Pd mengatakan ada berapa program unggulan yang terus di kembangkan pihak sekolah. Itu dilakukan agar siswa mempunyai kompetensi keilmuan, baik di bidang pengetahuan umum terlebih ilmu agama.

“Di MTSN ini, kami punya program yakni wajib hafalan juz 30 saat tamat. Lalu ada kegiatan markas tilawa, malakukan kontrol shalat dan kegiatan yasinan yang digelar setiap Jumat pagi,” jelas Mursali mantan Kepsek MAN Baubau itu kepada satulis.com saat ditemui di sekolah, Kamis, (02/09/2021).

Lebih lanjut menjelaskan bahwa program hafalan juz 30 agar siswa yang lulus dari MTSN 1 Baubau tidak kesulitan dalam hafalan Al-Quran. Guna mendukung program itu, ada guru khusus yang disiapkan untuk mengontrol dan memerima hafalan siswa.

“Kalau markas tilawa itu untuk menciptakan bibit-bibit unggul di kota Baubau dalam hal ilmu agama. Termasuk program kewajiban shalat dilakukan kontrol secara baik bersama orang tua siswa di rumah. Caranya ada buku kontrol yang harus di paraf oleh setiap orang tua siswa,” tuturnya.

Sehingga kata Mursali siswa tidak hanya melaksanakan ibadah di sekolah saja. Tapi setelah pulang di rumah shalat lima waktu tetap dilaksanakan. Selain pengatahuan agama, juga punya program kelas khusus sesuai potensi siswa.

“Ada juga kelas matematika. Itu merupakan kelas khusus yang digabung satu ruangan untuk siswa yang punya kemampuan belajar ilmu matematika, termasuk kelas khusus IPA dan lainnya,” papar guru Kimia itu.

Makanya, MTSN ini meraih segudang prestasi dalam berbagai lomba. Terbaru, siswa meraih juara pertama dalam lomba cipta baca puisi dengan tema kemerdekaan. Kegiatan itu dilaksanakan Lembaga Generasi Baru Indonesia (Gembi) Sultra bertempat disalah satu kampus di kota Baubau.

Baca Juga :  Pekalape Baubau Distribusi Satu Ton Beras Untuk Masyarakat Kurang Mampu dan Terdampak Covid-19

“Lomba cipta puisi itu diikuti melalui yuotube dan siswa kami juara satu. Jadi alhamdulillah banyak prestasi karena disiplin dalam belajar,” katanya.

Perlu diketahui, jumlah siswa di MTSN 1 Baubau kini sebanyak 710 orang. Dengan jumlah pengajar 38 guru dibantu tenaga honorer 12 orang termasuk tiga tenaga pengajar tidak tetap (PTT). (adm)

Editor : Basyarun

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKLAN

Latest Articles