Sabtu, Oktober 26, 2024

Bupati Haliana Serahkan Bantuan BSPS Secara Door to Door Sambil Serap Aspirasi Masyarakat

SATULIS.COM, WAKATOBI Bupati Wakatobi, Haliana menyerahkan langsung Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Prasejahtera Individu secara door to door dengan berkunjung langsung ke masing-masing rumah masyarakat penerima manfaat, khususnya di pulau Tomia dan Binongko.

Langkah tersebut di ambil oleh orang nomor satu Wakatobi itu, bukannya tampa alasan. Di samping untuk melihat secara langsung apakah penerima bantuan itu adalah orang-orang yang layak menerima bantuan, juga untuk menyerap aspirasi masyarakat sembari mengecek masyarakat yang memiliki rumah tidak layak huni ( RTLH) dan belum tercover menerima bantuan.

Dijelaskan Haliana, bahwa Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya prasejahtera individu, bertujuan untuk mengatasi masalah rumah tidak layak huni (RTLH) dan masyarakat yang belum memiliki tempat tinggal, terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tanpa memandang perbedaan warna.

“Data yang disampaikan oleh Dinas Perumahan bahwa di Wakatobi masih tercatat 4.933 rumah yang masih kategori RTLH,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Aswiadi menjelaskan, jika bantuan yang nilainya Rp 35 juta itu bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) dan dana alokasi umum (DAU).

Dari DAK sebesar Rp20 juta satu rumah, kemudian ditambahkan dengan DAU sebesar Rp15 juta sebagai sharing. Ada juga yang melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp10 juta.

Untuk yang Rp10 juta dari APBD, lanjut Aswiadi, sementara masih dalam proses penyelesaian SK penerima, sudah selesai juga verifikasi kepada calon-calon penerima.

“Tentu yang APBD ini untuk mengakomodir rumah-rumah yang tidak terakomodir atau yang rusak-rusaknya dimampui anggaran yang nilainya sebesar Rp10 juta. Inshaallah di bulan September akan kita salurkan kepada 173 unit bagi masyarakat Kabupaten Wakatobi yang tersebar di seluruh Kecamatan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Tunaikan Janji Politik, Haliana Gratiskan Pengangkutan Jenazah dan Orang Sakit

Jumlah penerima bantuan untuk program BSPS prasejahtera individu sebanyak 95 kepala keluarga (KK). Tersebar di tiga pulau, yakni Kecamatan Wangi-wangi Selatan, Tomia dan Binongko.

Di Kecamatan Wangi-wangi Selatan sebanyak 55 KK, tersebar di 4 Kelurahan/Desa, masing-masing Kelurahan Mandati I sebanyak 15 KK, Kelurahan Mandati III sebanyak 15 KK, Desa Kapota 15 KK, serta di Desa Kapota Utara 20 KK. Sedangkan di pulau Tomia terdapat  di Kelurahan Onemay sebanyak 15 KK dan Binongko di Kelurahan Taipabu 15 KK.

Total anggaran yang diserahkan dari program BSPS prasejahtera individu sebesar Rp 3,425 miliar. Dengan rincian Rp 3,325 miliar untuk nilai bantuan yang diserahkan kepada penerima bantuan dan Rp 100 juta untuk biaya pendampingan kegiatan.

Pencairan dana bantuan program itu dilakukan dalam dua tahap. Untuk tahap pertama dan saat ini sudah berada pada rekening masing-masing penerima sebesar Rp 20 juta. Untuk tahap kedua akan diserahkan lagi kepada masing-masing penerima sebesar Rp 15 juta. Sehingga total yang akan diterima oleh masing-masing penerima sebesar Rp 35 juta. (Adm)



Penulis: Arjuno

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKLAN

Latest Articles