Sabtu, Oktober 26, 2024

Jadi Desa Mandiri, Basiran Minta Pemprov Sultra Perhatikan Desa Wolowa

SATULIS.COM, BUTON – Pj. Bupati Buton, Drs. Basiran, MSi menyambut kehadiran Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara. Rombongan Tim Penilai Lomba disambut di pelataran Kantor Kepala Desa Wolowa disambut dengan tari Mangaru, Salawat Badar oleh Mejelis Taklim dan Mars PKK Kecamatan Wolowa, Selasa, 20 Juni 2023.

Kepala Daerah di Bumi penghasil Aspal Alam terbesar di dunia itu didampingi langsung Asisten Adminsitrasi Tata Pemerintahan dan Kesra Sekda Buton, Alimani, SSos, MSi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kepala OPD Lingkup pemkab Buton, Camat Wolowa, Camat Lasalimu dan Camat Lasalimu Selatan, Forkopicam Wolowa.

Hadir juga Kepala Desa Wolowa, Pengurus TP. PKK, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Wanita, Kader Posyandu, Insan Pers, warga masyarakat Desa Wolowa.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Buton menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara yang dipimpin Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sultra, Dr. Ir. I Gede Panca, MPd.

“Saya sebagai Pejabat Bupati Buton mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan dari Provinsi Sulawesi Tenggara yang pada hari ini jadwalnya di Kabupaten Buton untuk melakukan penilaian dalam rangka lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara,” kata Pj. Bupati Buton mengawali sambutannya.

Orang nomor satu di Kabupaten Buton ini juga memperkenalkan Desa Wolowa yang mewakili Buton dalam lomba tersebut. “Desa Wolowa merupakan sebuah desa yang bisa mandiri yang bisa memiliki fasilitas yang cukup, mulai dari tingkatan sekolah, puskesmas, dan lokasi permandian sebagai wisata alam,” ucap pj Bupati.

Tentu kesempatan baik ini lanjut Pj. Bupati adalah sesuatu rahmat buat masyarakat Kecamatan Wolowa karena bisa mempersiapkan desa ini dalam waktu yang tidak terlalu lama walaupun belum maksimal. Dan ini adalah bagian dari partisipasi semua baik pembinaan yang dilakukan Pemda Kabupaten Buton, Kecamatan dan Partisipasi organisasi kemasyarakat yang ada di Kecamatan maupun di desa Wolowa.

Baca Juga :  Desa Ambuau Togo Gelar Pemilihan Anggota BPD

“Desa Wolowa ini juga berada di jalur trans Buton yang menuju ke Lasalimu. Kami juga berharap adanya sentuhan dari Pemrov Sultra mulai dari fasilitas yang ada yang mungkin ada campur tangan dari pemda provinsi seperti peningkatan sarana prasarana Pariwisata seperti tempat permandian dan air terjun di Desa Wolowa untuk dijadikan objek pariwisata karena jika kita jadikan Buton ini sebagai penyangga Wakatobi ini akan mendatang juga wisatawan oleh sebab itu tentunya butuh dukungan dari pemerintah provinsi untuk pengembangan pariwisata di Kabupaten Buton,” kata Pj. Bupati.

Ia juga mengatakan dengan adanya penilaian lomba desa/kelurahan di Desa Wolowa ini bagian dari pada peningkatan pemberdayaan masyarakat mudah-mudahan melalui dinas PMD Provinsi ada program pemberdayaan masyarakat yang akan diberikan kepada beberapa desa di Sulawesi Tenggara.

“Saya mohon kiranya Desa Wolowa walaupun tidak juara tetapi menjadi perhatian,” harap Pj. Bupati Buton.

Ketua Tim Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Sultra, Dr. Ir. I Gede Panca M.Pd mengatakan kegiatan penilaian lomba desa dan kelurahan ini tidak hanya semata-mata saja untuk menilai baik buruk semata tetapi kita lebih bagaimana menumbuhkan motivasi dan partisipasi masyarakat untuk membangun desanya semakin baik.

“Seperti yang telah sampaikan Pj. Bupati Buton tadi bahwa Desa Wolowa ini sudah bisa masuk kategori Desa mandiri karena sampai sekarang dari indeks membangun desa nasional di Sultra ada 4 desa sebagai kategori Desa mandiri salah satunya Desa Lasalimu namun sepertinya Desa Wolowa ini bisa menjadi naik sebagai desa mandiri karena fasilitas kesehatan, pendidikan sudah ada, dan juga tinggal ditambahkan fasilitas perekonomian untuk bisa masuk dalam kategori desa mandiri,” ungkapnya.

Baca Juga :  Delegasi Indonesia Sukses Sampaikan Komitmen Jaga Lingkungan Laut di Our Ocean Conference 2023

Jadi secara lanjut pimpinan rombongan penilai Lomba desa dan kelurahan obyektif akan melakukan penilaian dan setelahnya kami akan melakukan rapat rapat pleno seobyektif mungkin dan jika ada komplen dari kepala desa atau dari camat atau dari bapak bupati kita akan jelaskan dengan baik sehingga tidak ada celah untuk kita mendapatkan complain.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Pj. Bupati Buton, Para Kepala Desa dan Camat Wolowa serta Forkopimda Kabupaten Buton sudah menerima kami dengan sangat hangat. Saya bersama tim merasa sangat terpuji, sangat terhormat saat disambut begitu meriah semoga harapan Pj.Bupati, Kepala Desa dan Camat serta masyarakat Kecamatan Wolowa bisa kami penuhi. Dan saya berharap kepada masyarakat Desa Wolowa mendapatkan yang terbaik dan menjadi kebanggaan Kecamatan Wolowa dan tentu kebanggaan Kabupaten Buton. (Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKLAN

Latest Articles