Sabtu, Oktober 26, 2024

Besok Puasa Ayyamul Bidh, Ini Manfaat dan Keutamaannya

SATULIS.COMPuasa Ayyamul Bidh bulan Oktober 2019 jatuh pada Sabtu (12/10), Minggu (13/10), dan Senin (14/10). Apa keutamaan dan manfaat puasa itu?

Ayyamul Bidh adalah puasa yang dilakukan setiap pertengahan bulan Hijriah berdasarkan kalender Qomariah. Puasa ini dilakukan hanya tiga hari setiap pertengahan bulan yakni 13, 14, dan 15 di bulan Hijriah, kecuali hari tasyrik pada 13 Dzulhijjah.

Ayyamul Bidh juga dikenal dengan puasa putih karena pada tanggal 13,14, dan 15, bulan sedang terang benderang menuju purnama sehingga tampak putih.

Sementara itu, hukum puasa Ayyamul Bidh bagi umat Islam yakni sunah. Seperti dikutip dari CNN.com, ustaz Wahyul Afif Al Ghafiqi mengatakan, puasa Ayyamul Bidh memiliki beberapa keutamaan, antara lain pahala yang sama seperti orang berpuasa satu tahun penuh jika dilaksanakan setiap bulan.

Selain itu ahli puasa juga akan mendapatkan pintu khusus untuk masuk surga saat di akhirat nanti. Ahli puasa akan masuk melalui pintu Ar-Rayyan, termasuk orang yang melakukan puasa Ayyamul Bidh.

Manfaat puasa Ayyamul Bidh ama dengan puasa lainnya, antara lain:

1. Detoksifikasi Tubuh

Puasa Ayyamul Bidh dapat bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh atau proses pembuangan racun. Racun dikeluarkan dari dalam tubuh melalui keringat, urine, atau saat buang air besar. Tubuh pun akan sehat dengan terbuangnya racun-racun dalam tubuh.

2. Mengurangi Lemak

Puasa dapat mengurangi kadar lemak dalam tubuh kita. Karena dengan berpuasa, energi dalam tubuh kita dihasilkan oleh pembakaran sisa glukosa dalam tubuh. Jadi selain mendapat pahala, puasa juga dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Dengan puasa, sistem imunitas tubuh akan meningkat. Agar sistem imunitas tubuh meningkat, dianjurkan untuk makan makanan bergizi.

Baca Juga :  STNK Mobil Pemda Buteng Tercecer

4. Mengistirahatkan Saluran Pencernaan

Selama kita puasa, saluran pencernaan kita beristirahat sejenak. Setelah berbuka puasa, saluran pencernaan kita dapat bekerja lebih optimal lagi.

Lalu bagaimana cara melakukan puasa Ayyamul Bidh? Cara melakukannya sama dengan puasa lainnya yakni dari terbit fajar sampai terbenam matahari dan didahului dengan niat.

Berikut niat puasa Ayyamul Bidh beserta artinya:

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu Sauma Ayyaamal Bidh Sunnatan Lillaahi Ta’ala.

Artinya: “Saya niat puasa pada hari-hari putih, sunnah karena Allah ta’ala.”

Jadi, ingat besok puasa ayyamul bidh ya. Jangan lupa untuk sahur.  (Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKLAN

Latest Articles