Duel Ulang Haliana Vs Arhawi Potensi Terjadi di Pilkada Wakatobi 2020

138

KENDARI, SATULIS.COM – Politikus PDI Perjuangan, Haliana menegaskan akan siap maju kembali di Pilkada Wakatobi sebagai penantang incumbent Arhawi.

Niat dan tekad Haliana ini terlihat saat acara deklarasi menganglakat tema “2020 H. Haliana menang dan #2020 H Haliana Bupati,” yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kendari.

Deklarasi ini turut dihadiri beberapa tokoh dan pemuda atau generasi milenial Kabupaten Wakatobi di Kota Kendari, Minggu 26 Mei 2019. Arhawi dan Haliana pernah rival di Pilkada Wakatobi 2015 lalu. Kontestasi itu dimenangkan Arhawi.

- Advertisement -

Haliana mengaku, deklarasi ini merupakan inisiatif mahasiswa dan kaum muda yang mendorongnya maju di Pilkada Wakatobi.

“Acara deklarasi saya akan maju lagi di pilkada Wakatobi 2020 sebenarnya bukan saya yang meminta, tetapi acara ini terlahir dari keinginan dan pemikiran mereka sendiri,” kata Haliana saat deklarasi, seperti dilansir Inilahsultra.com.

Dengan dukungan ini, kata dia, akan menjadi modal dan tekadnya merebut kursi bupati di Kepulauan Tukang Besi itu.

“Dukungan dari para pemuda ini merupakan modal besar bagi saya dan dukungan ini terlahir dari kesadaran serta pendapat mereka melalui diskusi untuk perubahan, karena mereka menilai Wakatobi saat ini tidak ada perubahan,” katanya.

Kegagalan pada pilkada 2015 lalu, menjadi pengalaman untuk melakukan pembenahan di daerah yang terkenal surga di bawah laut itu.

“Walaupun pernah gagal tidak akan menurunkan niat saya untuk tampil kembali, dan satu hal yang membuat saya optimisi karena animo dan permintaan masyarakat kepada saya untuk mencalonkan diri kembali,” jelasnya.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Wakatobi ini menyebut, soal pintu partai tidak lah sulit. Sebab, pada Pemilu 17 April 2019 lalu PDI Perjuangan mendapatkan 5 kursi di DPRD Wakatobi. Perolehan itu sudah cukup mengusung calon tanpa koalisi.

Baca Juga :  KPUD Butur Ingatkan Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19 Pada Setiap Tahapan Pilkada

“Tapi saat ini kami menjalin komunikasi dengan partai-partai lain yang hari ini punya niat dan kesadaran yang sama kepada kami untuk perubahan, kemajuan Kabupaten Wakatobi ke depannya,” tutupnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Pilkada Wakatobi 2015, pasangan H. Haliana-Muhammad Syawal melawan pasangan H. Arhawi-Ilmiati Daud.

Kemenangan diraih oleh pasangan H. Arhawi-Ilmiati Daud dengan perolehan 28.872 suara (50,69 persen) sementara H. Haliana-Muhammad Syawal kalah tipis dengan perolehan 28.091 suara (49,31%). Selisih 777 suara. (Adm)

Komentar