Sabtu, Oktober 26, 2024

Wisatawan Sebut Festival Budaya Tua Buton ‘The Biggest Ritual Traditional On Planet’

SATULIS.COM, BUTON – Pagelaran Festival Budaya Tua Buton yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton dan masuk dalam kalender wisata nasional, telah berhasil menarik perhatian para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Bahkan oleh wisatawan asing, Festival Budaya Tua Buton disebut sebagai ‘The Biggest Ritual Traditional On Planet’ ritual terbesar di dunia yang pernah mereka saksikan.

“Ada satu titik di peta Bumi ini namanya Buton menyelenggarakan festival Budaya terbesar sedunia. Itu bukan kita yang kasih, mereka (wisatawan asing). Tahun lalu. Karena melihat kita punya aktraksi budaya. Penilaiannya dari mereka. Otomatis,” ujar Bupati Buton, La Bakry.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton, La Ode Abdul Azinuddin Napa menyebutkan, festival budaya tua Buton merupakan iven daerah yang telah mendunia. Selain itu telah menjadi persinggahan peserta Rally Sail Wonderful Indonesia.

“Budaya tua ini sesuai agenda akan dilaksanakan mulai 19-24 Agustus 2019. Seperti pelaksanaan tahun sebelumnya, peserta Rally Sail Wonderful Indonesia bakal berlabuh di teluk Pasarwajo,” papar Zainuddin Napa.

Ditambahkan Zainuddin Napa, peserta Sail Indonesia 2019 bakal berlabuh ditekuk Pasarwajo pada 21-24 Agustus. “Tapi kami perkirakan beberapa peserta akan tiba lebih awal,” kata Zainuddin. (Adm)

Baca Juga :  Kembali dari Sultra, KPK OTT Lima Orang. Dua diantaranya Jaksa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKLAN

Latest Articles