Sabtu, Oktober 26, 2024

USN Buteng Buka Empat Program Studi Baru

SATULIS.COM, BUTON TENGAH – Kampus B Universitas Sembilan Belas November (USN) Buton Tengah (Buteng) sejak beberapa waktu lalu gencar melakukan sosialisasi dan promosi terkait SNMPT, UTBK-SBMPTN tahun 2020 ke sejumlah sekolah yang ada di Buteng.

Drs. H Arsidik Asuru, M.Ag sebagai koordinator kampus B USN Kolaka yang juga kepala pusat pengembangan pembelajaran USN Kolaka turun langsung untuk memberikan sosialisasi.

Sebagai narasumber sosialisasi dan promosi, Arsidik menyampaikan kepada siswa siswi yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi harus melakukan registrasi ke LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi).

“Untuk bisa masuk PTN terlebih dahulu sekolah dan siswa harus melakukan registrasi ke akun LTMPT. Pendaftarannya bisa di akses lewat laman http://portal.ltmpt.ac.id,” ucap Arsidik usai memberikan materi pada siswa siswi SMA/SMK Talaga di Kampus USN Buteng, Rabu (18/12/2019).

Pembuatan akun melalui LTMPT lanjut Arsidik, menjadi kewajiban bagi sekolah dan siswa yang akan memasuki perguruan tinggi melalui jalur seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) ataupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

“Akun itu yang wajib bagi siswa. Sekolah melalui operatornya hanya mengontrol apakah siswa/calon mahasiswa sudah melakukan aktivasi atau belum. Hal ini berlaku juga buat alumni sekolah angkatan 2018 dan 2019 yang akan di gunakan pada jalur UTBK-SBMPTN 2020,” tambahnya.

Usai mensosialisasikan LTMPT, kepala pusat pengembangan pembelajaran kampus B USN Buteng, Arsidik, mempromosikan kampus dengan menawarkan sejumlah program beasiswa kepada calon mahasiswa baru yang hendak belajar ke kampus USN Buteng.

“Bagi siswa siswi yang mau lanjut pendidikan ke USN Buteng, nanti akan di berikan bantuan bidikmisi,” lanjutnya.

Bidikmisi, kata Arsidik di maksudkan agar warga Buteng mempunyai kesempatan yang sama dengan mereka yang mempunyai kemampuan ekonomi yang baik.

Baca Juga :  Jadi Kandidat KTN, Batubanawa Terus Berbenah

“Kita tahu bahwa warga Buteng ini mempunyai minat yang besar untuk melanjutkan pendidikan ke PTN. hanya saja masalah ekonomi yang menjadi kendala. Olehnya itu, USN Buteng membuka peluang bagi mereka yang kurang mampu untuk bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi melalui bidikmisi,” ujarnya.

Di ketahui, pihak USN Kolaka di tahun 2019  mendapatkan kuota bidikmisi sebanyak 380 lebih. Namun kuota itu bertambah untuk tahun ajaran 2020 menjadi 480.

Rencananya kuota tersebut akan di bagi dengan kampus USN Buteng tergantung minat calon mahasiswa yang mendaftar.

Selain itu, kampus USN Buteng juga kini mendapatkan 4 tambahan program studi (prodi) diantaranya, Prodi sains kelautan, prodi rekayasa mesin, prodi rekaya kapal dan prodi Matematika sains. (Adm)


Peliput : Arwin Al-Butuny

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKLAN

Latest Articles