Lawan Narkoba, Pemda Buteng Gandeng BNN Periksa Urin ASN

80
Ketgam: Sejumlah ASN Buteng saat mengantri tes urine di sekretariat daerah Pemda Buteng. (Foto : Arwin Al-Butuny/Satulis)


SATULIS.COM, BUTON TENGAH Sejumlah pegawai dan staf pemerintah kabupaten Buton Tengah (Buteng), pagi tadi menjalani pemeriksaan urine sebagai langkah pencegahan penyalagunaan narkoba, Senin (23/12/2019).

Kasman S.Kep. S.Ap, Kepala Dinas kesehatan saat di temui mengatakan, tes urine pada sejumlah pegawai merupakan bagian dari agenda dinas serta merupakan bentuk perang terhadap narkoba yang dicanangkan Pemkab Buteng.

“Pertama, ini bagian dari komitmen Pemda Buteng. Selain itu fungsi pencegahan lebih di utamakan agar ASN yang ada di Buteng bisa bebas dari narkoba,” ujar Kasman saat di temui di pelataran kantor sekretariat daerah.

- Advertisement -

Untuk pengawasan sendiri lanjut Kasman, yang di utamakan adalah eselon 2, 3 dan 4. “Ini merupakan kegiatan rutin. Intinya kita akan evaluasi terus sampai betul betul bersih dan tidak ada penyalagunaan narkoba. Langkah antisipasi kan lebih bagus,” paparnya.

Djufri Alamsyah, M.Si, Kepala BNN Kota Baubau yang di temui usai mengelar tes urin mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan yang di lakukan oleh Pemda Buteng terkait pencegahan penyalagunaan narkoba di lingkup ASN Buteng.

“Aksi ini tentu sejalan dengan Inpres No 6 tahun 2019 dan Permendagri No 12 tahun 2019 tentang rencana aksi nasional pencegahan dan penyalagunaan narkoba.

Lewat aksi seperti ini, Djufri mengharapkan Buteng bisa menjadi pelopor dalam mengantisipasi penyalahgunaan narkoba.

“Total yang di tes urinenya tadi sekitar 210 orang, dan kesemuanya itu hasilnya negatif. Sebagai bentuk pengawasan terhadap para pegawainya tentu pemda dalam hal ini bapak Bupati perlu di apresiasi, Setidaknya bisa menjadi pelopor dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba yang ada di Buteng,” pungkasnya. (Adm)

Peliput : Arwin

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Awali Giat Tahun 2021, BNN Kota Baubau Mendadak Periksa Urin Jajarannya