Tak Hafal Pancasila, Kalista Iskandar Gagal jadi Puteri Indonesia 2020

1193
HomeShowBiz Kalista Iskandar Gagal jadi Puteri Indonesia 2020 Gara-Gara Tak Hapal Pancasila? Liputan6.comLiputan6.com 07 Mar 2020, 12:10 WIB 6 Besar Puteri Indonesia 2020, Wakil Sumbar Gelagapan Saat Diminta Sebutkan Pancasila Wakil Sumatera Barat di Puteri Indonesia 2020, Kalista Iskandar (dok. Instagram @officialputeriindonesia/https://www.instagram.com/p/B9WbvvAFgHQ/Dinny Mutiah)

SATULIS.COM – Perjuangan para perwakilan Puteri daerah untuk menjadi Puteri Indonesia 2020 memiliki jalan berliku. Salah satu adalah wakil Sumatera Barat, Louise Kalista Iskandar. 

Dalam babak 6 besar final Puteri Indonesia 2020, Kalista Iskandar bahkan diketahui salah dalam menjawab pertanyaan salah satu juri soal Pancasila. Saat itu, dewan juri yang bertanya adalah Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Bamsoet, biasa dipanggil, meminta mahasiswi hukum itu untuk menyebutkan sila dalam Pancasila. Ekspresi terkejut tampak dari wajah Kalista saat mendengar pertanyaan itu. Perlahan-lahan, finalis Puteri Indonesia 2020 itu menjawab pertanyaan yang diajukan. Sila 1, sila 2, dan sila 3 bisa dijawab dengan mulus, walau ia menggantikan penyebutan sila dengan nomor.

- Advertisement -

Namun, kegugupannya tampak saat ia menyebutkan sila keempat.  “Nomor empat, kemanusiaan..,” ucapnya yang buru-buru diralat dengan, “Kemasyarakatan yang dipimpin oleh hikmat/kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.”

Padahal, sila keempat Pancasila semestinya berbunyi ‘Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat/kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.’

Kalista masih berusaha menyelesaikan sila kelima dengan menyampaikan, “Kemanusiaan sosial yang adil dan beradab.” Padahal, yang tepat adalah Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.

Atas jawaban yang disampaikan tersebut, Kalista tak lolos ke babak selanjutnya. Selain Kalista, dua finalis enam besar lain yang tak masuk babak selanjutnya adalah wakil dari Nusa Tenggara Timur Angel Boelan dan wakil dari Maluku Clara Yokate. Seperti dilansir dari Liputan6.com

Deretan tiga besar Puteri Indonesia 2020 adalah Jihane Almira Chedid dari Jawa Tengah, Rr. Ayu Maulida dari Jawa Timur, dan Putu Ayu Saraswati dari Bali. 

Malam puncak Pemilihan Puteri Indonesia 2020 pun mengumumkan perwakilan Jawa Timur, Rr. Ayu Maulida menjadi pemenangnya. Ayuma, biasa dipanggil, berhasil mengalahkan 39 finalis Puteri Indonesia yang mewakili 34 provinsi di Indonesia. Ia berhak mengenakan Mahkota Borobudur yang langsung disematkan Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Full dan selempang Puteri oleh Miss Universe 2019 Zozibini Tunzi. 

Baca Juga :  Insan Pers Diminta Kendalikan Arus Jurnalistik Media

Ayuma dikenal sebagai seorang model dan mahasiswa hukum. Dengan terpilih sebagai Puteri Indonesia 2020, ia berarti akan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe tahun ini yang belum diketahui lokasi penyelenggaraannya. (Adm)

Komentar