Butur di Guncang Gempa Tektonik, Tidak Berpotensi Tsunami

214

SATULIS.COM, Buton Utara – Wilayah Ereke Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra), di guncang gempa bumi tektonik berkekuatan 3,4 Magnitude, Kamis (23/04/2020) sekira pukul 16.39 Wita, di sebelah Timur Laut Buranga.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, S.Si, mengatakan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4.68  LS, 123.14 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 24.0 km, Timur Laut Buranga Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang ada di daerah Buton Utara Sulawesi Tenggara,” terangnya.

- Advertisement -

Kata Rosa Amelia, gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami hingga saat ini tidak ada kerusakan yang di timbulkan.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,” bebernya.

Sambungnya, hingga pukul 17.10 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

Pihaknya berharap agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpangaruh oleh isu-isu yang tidak benar.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tutupnya. (Adm)



Peliput : Haslin

Komentar
Baca Juga :  Usai Tebas Tetangga hingga Tewas, Pria Asal Butur Langsung Menyerahkan Diri