Sabtu, Oktober 26, 2024

Sekda Baubau Turun Tangan Tenangkan Warga Blokir Jalan

SATULIS.COM, Baubau – Aksi warga yang melakukan pemblokiran jalan di Kelurahan Kadolo, Kecamatan Kokalukuna, pada Minggu (10/05/2020) sebagai dampak dari karantina mandiri yang dilakukan oleh pasien 05 positif covid-19 langsung disikapi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau, Dr Roni Muhtar, M.Pd yang turun tangan menenangkan warga.

Jenderal ASN Kota Baubau yang didampingi Asisten 1 Pemkot Baubau Drs Rahmad Tuta, M.Si, Juru bicara gugus tugas covid-19 Kota Baubau dr Lukman, Sp.PD, Camat Kolalukuna, Lurah Kadolo dan relawan APIK mengunjungi warga di dekat lokasi karantina mandiri pasien 05 dan melakukan dialog.

Dalam dialog tersebut terungkap jika warga mengeluhkan keberadaan pasien 05 yang tidak diisolasi ke RSUD Baubau dan sering mondar mandir dan serta keluar masuk rumahnya sehingga warga resah.

Menyikapi keluhan warga, Roni Muhtar menjaminkan jika pasien 05 tersebut tidak akan keluar keluar lagi dari rumahnya dan akan dijaga ketat oleh aparat kelurahan dan Pol PP setiap saat.

Tidak hanya itu, warga juga diajak untuk melihat kondisi pasien di rumahnya tempat isolasi mandiri namun hanya ketua rt yang ikut melihat langsung kondisi pasien 05.

Senada dengan Sekda Baubau, juru bicara covid-19 Kota Baubau dr Lukman, Sp.PD menjelaskan, perbedaan penanganan pasien sesuai protokol kesehatan jika sudah positif tapi tidak bergejala maka bisa dilakukan karantina mandiri di rumah karena rumah sakit disiapkan untuk pasien yang bergejala berat.

“Bila dibandingkan dengan pasien 01, 02, 03 dan 04 maka pasien 05 tidak menunjukkan gejala dan hasil laboratoriumnya baik-baik saja sehingga bisa dilakukan isolasi mandiri di rumahnya,” kata dokter spesialis penyakit dalam ini.

Sementara itu, usai berdialog dengan warga, Sekda Baubau Roni Muhtar didampingi dr Lukman, Kasat Pol PP, Kapolsek Kokalukuna, Camat Kokalukuna dan ketua rt setempat meninjau langsung rumah isolasi mandiri pasien 05 dan diterima pemilik rumah Drs Syaifuddin Azis.

Baca Juga :  PMI Baubau Bantu Korban Kebakaran di Kelurahan Kadolo

Berdasarkan penjelasan pemilik rumah, bila pasien memang dijaga ketat untuk tidak keluar rumah. Sekda Baubau Roni Muhtar juga memerintahkan BPBD untuk memberikan bantuan sembako kepada pasien 05 dan kekuarganya. (Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKLAN

Latest Articles