Bentrok Dengan China, 20 Tentara India Tewas

1092

SATULIS.COM – India dan China mengatakan mereka menginginkan perdamaian. Akan tetapi, mereka saling menyalahkan setelah tentara dari kedua belah pihak saling berperang secara kejam dengan tongkat bertatahkan paku dan batu di perbatasan Himalaya mereka, menewaskan sedikitnya 20 orang pasukan India.

“Kami tidak pernah memprovokasi siapa pun,” kata Perdana Menteri India Narendra Modi di televisi nasional, merujuk pada pertempuran Senin tangan kosong. “Seharusnya tidak ada keraguan bahwa India menginginkan perdamaian, tetapi jika diprovokasi, India akan memberikan tanggapan yang sesuai.”

Melansir Reuters, di Beijing, juru bicara kementerian luar negeri Zhao Lijian mengatakan bentrokan meletus setelah tentara India melewati batas, bertindak secara ilegal, memprovokasi dan menyerang China, yang mengakibatkan kedua belah pihak terlibat dalam konflik fisik yang serius dan cedera dan kematian.

- Advertisement -

Dia mengatakan dia tidak mengetahui adanya korban dari pihak Tiongkok, meskipun media India mengutip para pejabat yang mengatakan sedikitnya 45 orang tewas atau terluka di pihak Tiongkok.

Zhao mengatakan situasi keseluruhan di perbatasan stabil dan dapat dikendalikan.

Di bawah kesepakatan lama antara dua raksasa Asia yang bersenjata nuklir itu, tidak ada tembakan di perbatasan, tetapi ada beberapa bentrokan dalam beberapa tahun terakhir di antara patroli perbatasan.

Menurut pejabat India, tentara dipukuli dengan pentungan bertabur paku dan batu selama perkelahian yang meletus di Lembah Galwan yang terpencil, jauh di pegunungan di mana wilayah Ladakh India berbatasan dengan wilayah Aksai Chin yang direbut oleh China selama perang 1962.

Tentara China dan India telah saling berhadapan di perbatasan mereka selama beberapa dekade. Akan tetapi, pertempuran itu adalah bentrokan terburuk sejak 1967, lima tahun setelah China mempermalukan India dalam perang itu.

Baca Juga :  SMSI Kirim Lima Wartawan Senior ke Festival Lampion Taiwan

Modi, seorang nasionalis yang keras, terpilih untuk masa jabatan lima tahun kedua pada Mei 2019 menyusul kampanye yang berfokus pada keamanan nasional setelah meningkatkan ketegangan dengan musuh lama Pakistan, di perbatasan barat India.

Media gung-ho India dan oposisi menekannya untuk merespons secara agresif.

“Tidak ada lagi perundingan, dengan bentrokan lembah Galwan, China mendorong terlalu keras,” tulis Times of India dalam editorial. “India harus mendorong balik.”

“Beijing tidak dapat membunuh tentara kami di perbatasan dan berharap mendapat manfaat dari pasar besar kami,” lanjutnya, mendukung sanksi terhadap impor China.

Rahul Gandhi, pemimpin partai oposisi oposisi berkicau: “Cukup sudah, kita perlu tahu apa yang terjadi. Berani-beraninya China membunuh prajurit kita, beraninya mereka mengambil tanah kita.”

Ratusan tentara India dan China telah saling berhadapan sejak awal Mei di tiga atau empat lokasi di perbatasan yang disengketakan di pegunungan Ladakh yang tidak berpenghuni dan tandus.

India mengatakan pasukan China telah menyusup ke dalam garis Kontrol Aktual atau perbatasan de facto.

China menolak tuduhan itu dan meminta India untuk tidak membangun jalan di daerah itu, mengklaimnya sebagai wilayahnya.

Kolonel dibunuh

Menurut sumber-sumber pemerintah India, pertempuran pada Senin malam pecah dalam sebuah pertemuan untuk membahas cara-cara untuk mengurangi ketegangan, dan kolonel yang memerintah dari pihak India adalah salah satu yang pertama diserang dan dibunuh.

Banyak prajurit India lainnya telah meninggal karena luka-luka mereka. Pasalnya, mereka tidak dapat bertahan saat malam ketika suhu sangat dingin.

Tidak seperti di India, insiden itu tidak menerima liputan besar di China. Media resmi melaporkan pernyataan tentang insiden tersebut dari juru bicara Komando Barat Angkatan Darat Tiongkok.

Baca Juga :  Puluhan Rumah Dibakar Massa, Ini Kronologis Kejadiannya

Di media sosial, blogger dan platform agregasi media berbagi laporan media India, seperti pengumuman tentara India yang mengakui bahwa jumlah korban tewas telah meningkat menjadi 20.

Yang paling vokal adalah Global Times. Pemimpin redaksinya, Hu Xijin, turun ke platform media sosial domestik dan global untuk memarahi India, dengan mengatakan “opini publik India perlu tenang dan bijaksana” dan memperingatkan bahwa China tidak takut akan bentrokan. (Adm)

Sumber : kontan.co.id

Komentar