Lawan Stunting, OPD Terkait Diminta Segera Susun Program dan Langkah Strategis

99

SATULIS.COM, Buton – Pemerintah Kabupaten Buton melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Buton kembali menggelar rapat koordinasi Aksi II, Penyusunan program penurunan stunting Kabupaten Buton Tahun 2020 di Aula Rapat Bappeda Kabupaten Buton,  Senin (22 Juni 2020).

Rapat tersebut terlaksana sebagai wujud pelaksanaan Aksi dua Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Buton dan berdasarkan hasil Rapat Koordinasi sebelumnya tanggal 16 Juni 2020 lalu.

Stunting sendiri adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan asupan gizi yang kurang dalam waktu cukup lama, akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi.

- Advertisement -

Kepala Bappeda Kabupaten Buton, Ahmad Mulia, SPt, MSi menyampaikan untuk masalah stunting di Kabupaten Buton diperlukan kerja sama dari stakeholder ataupun instansi terkait untuk terlibat berkoordinasi dan melakukan sosialisasi dalam upaya penurunan dan pencegahan stunting di Kabupaten Buton.

“Semua OPD bergerak untuk melakukan pencegahan stunting sesuai dengan tupoksinya masing-masing,” katanya.

Dikatakannya, dalam penanganan stunting di Kabupaten Buton, unsur budaya juga merupakan salah satu cara untuk mencegah stunting.

“Acara pingitan misalnya, dapat dijadikan sarana dalam pencegahan stunting. Posuo diperuntukan bagi gadis remaja sebelum memasuki kehidupan rumah tangga. Ini penting, sehingga nantinya dalam edukasi ke masyarakat dapat dijadikan sarana publishing untuk mengedukasi masyarakat dalam mencegah stunting,” katanya.

Selain itu, kata Ahmad Mulia, Pedole-dole juga merupakan sarana untuk menguatkan imun ala Buton. “Nah, Pencegahan stunting adalah pada 1000 hari kehidupan. Kita di Buton, ketika masih bayi dilakukan ritual Dhole-dhole. Ritual ini untuk menguatkan imun bayi. Ini juga dapat digunakan sebagai sarana untuk mencegah stunting pada 1000 hari kehidupan tersebut.

Ahmad Mulia pada kesempatan itu juga menegaskan untuk semua OPD terkait untuk segera menyusun program dan langkah strategis dalam penurunan stunting di Kabupaten Buton ke depan. (Adm)

Komentar
1
Baca Juga :  Gelar Musrembang, Pemkab Buton Canangkan SDM dan Ketahanan Ekonomi Lokal