Gelar Bedah Buku Tentang Covid-19, UMU Buton Hadirkan Kadinkes dan Ketua IDI

247

SATULIS.COM, Baubau – Universitas Muslim Buton (UMU Buton) melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) menyelenggarakan kegiatan Bedah Buku berjudul “Corona virus & Perspektif Kemunculan Patogen Mematikan”. Buku yang dibedah tersebut adalah karya dari seorang dosen Pendidikan Biologi UMU Buton bernama Ridwan SSi MSc.

Peserta dalam kegiatan terdiri dari mahasiswa yang berasal beberapa perguruan tinggi di Kota Baubau, pengurus organisasi kemahasiswaan dan organisasi kepemudaan, termasuk dosen dan masyarakat umum. Kegiatan itu berlangsung pada Sabtu, 18 Juli 2020 malam.

Hadir selaku pembedah yaitu Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau, Dr. Wahyu, M.Sc,Ph. dan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Baubau yang juga merupakan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Baubau, dr. Lukman, Sp.PD.

- Advertisement -

Kadis Kesehatan Kota Baubau menyampaikan apresiasinya terhadap terbitnya buku bertajuk virus corona ini.

“Buku ini sangat berkualitas dan dengan kajian yang mendalam serta runut. Buku ini juga dapat menjadi pegangan untuk para tenaga kesehatan dalam memberikan kesadaran pada masyarakat tentang eksistensi serta bahayanya virus corona, termasuk cara pencegahan dan penanganannya,” terangnya.

Selaras dengan hal tersebut, dr.Lukman menyampaikan sanjungannya kepada penulis buku yang telah membuat sebuah kajian penting yang bisa menjadi pegangan semua pihak dimasa wabah ini.

“Karena masyarakat saat ini banyak yang terjebak oleh berita-berita yang sangat tidak benar tentang virus corona. Buku ini bisa menjadi jawaban,” kata dr Lukman.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UMU Buton, Arief Budianto Gavoer, S.IP, MH menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak hingga suksesnya kegiatan yang penuh manfaat ini.

Dikatakan, saat ini banyak orang menjadikan wabah sebagai alasan pembenaran untuk diam dirumah. Namun sang penulis membuktikan diri bahwa pandemi tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak produktif.

Baca Juga :  Pasca Melahirkan, Satu PDP Covid-19 Kota Baubau Meninggal Dunia di RSUD Palagimata

Dengan keilmuan yang mumpuni dan kemampuan menulis yang apik, Ridwan berhasil membuat karya yang menjadi oase ditengah makin tidak disiplinnya masyarakat terhadap protokol kesehatan dimasa pendemi corona saat ini.

“Hal tersebut adalah hal yang luar biasa menurut saya. Dan bak gayung bersambut, BEM UMU Buton langsung berinisiatif menyelenggarakan bedah buku agar kajian dalam buku tersebut menjadi pengetahuan yang dipahami bersama oleh  masyarakat,” jelasnya.

Ketua BEM UMU Buton, Arfan, selaku penyelenggara kegiatan menyampaikan rasa optimismenya dalam kegiatan kemahasiswaan walau dimasa pendemi ini.

“Kita jangan kalah, kita tetap harus berbuat yang positif dan mengambil peran dalam masyarakat walaupun dalam situasi saat ini dan BEM UMU Buton selalu hadir untuk itu,” ungkapnya.

Diakhir kegiatan Bedah Buku dilakukan Pemberian Penghargaan UMU Buton kepada Penulis buku dan Para Pembedah, serta penandatanganan kerjasama antara UMU Buton dengan Dinas Kesehatan Kota Baubau dan IDI Baubau. (Adm)

Komentar