Benteng Lipu Kulisusu Masuk API Awards 2020

383

SATULIS.COM, Buton Utara – Situs sejarah Benteng Lipu Kulisusu yang terletak di Desa Wasalabose, Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra), berhasil masuk dalam kategori nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Butur, Harlin Hari membenarkan informasi tersebut. Kata dia, hal itu berdasarkan surat panitia penyelenggara tentang daftar nominasi API Awards pada 1 Juli 2020, kepada para Kepala Dinas Pariwisata Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. 

“Pada nominasi anugerah Pesona Indonesia 2020, Butur masuk dalam kategori situs sejarah. Olehnya itu kita masukan benteng Kulisusu dan kita masih nominasi teratas,” tuturnya saat ditemui di kantornya, Senin (27/7/2020).

- Advertisement -
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Butur, Harlin Hari

Sambungnya, selain Butur ada 10 Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia yang masuk nominasi dan akan bersaing. Olehnya itu, pihaknya sementara menyusun konsep pengambilan dokumentasi berupa video dan foto.

Rencananya, pengambilan gambar akan dilaksanakan pada saat perayaan hari raya Idul Adha. Hasil dokumentasi tersebut, nantinya akan dikirim ke panitia API pusat untuk penilaiannya melalui voting sms dan instagram.

“Voting tersebut akan dimulai pada 1 Agustus sampai 31 Desember. Sedangkan puncak acara dilaksanakan Februari 2021 di Provinsi Kalimantan Selatan,” bebernya.

Adapun daftar Kabupaten/Kota yang bersaing dalam ajang tersebut kategori situs sejarah berdasarkan nominasi teratas, yakni :

1. Benteng Lipu Kulisusu (Kabupaten Buton Utara)
2. Fort Rotterdam (Kot Makassar).
3. Istana Alwatzikoebillah (Kabupaten Sambas)
4. Istana Damnah (Kabupaten Lingga)
5. Kawasan Kota Tua (Jakarta)
6. Liang Bua Riteng (Kabupaten Manggarai)
7. Museum Timah (Kota Pangkal Pinang)
8. Situs Muara Kaman (Kabupaten Kutai Kartanegara)
9. Taman Tirta Gangga (Kabupaten Karang Asem)
10. Tugu RRI Rimba Raya (Kabupaten Bener Meriah).

Baca Juga :  Warga Desa Jampaka Gotong Royong Perbaiki Jalan Rusak

Peliput : Haslin

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry