Rumah Baca Al-Hijrah, Upaya Meningkatkan Literasi di Tengah Pandemi Covid-19

176

SATULIS.COM, Buton Selatan – Di tengah pandemi covid-19, sejumlah pemuda dan pemudi yang terpanggil hatinya untuk memanfaatkan rumah yang sudah terbilang tua, sebagai rumah baca Al-Hijrah di Kelurahan Majapahit, Lingkungan Lakulepa, Kecamatan Batauga, Kabupaten Buton Selatan (Busel), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Rumah Baca Al-Hijrah di dirintis sejak 18 September 2019. Tujuannya untuk umum, merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa.

Ketua Rumah Baca Al-Hijrah, Liyamin melalui Sekretarisnya La Ode Maharudin SPd, mengatakan terbentuknya rumah baca Al-Hijrah bermula dari teman sekampungnya. Melihat anak-anak lingkungan sekitar lebih banyak menggunakan Handphone (HP) dari pada membaca buku.

- Advertisement -

“Idenya dari saya dan Liyamin, bersama teman Wa Liyana, La Ode, Yusran, La Nasir, Santen, Riswan, Suharmin. Kami melihat bahwa literasi sangat penting, dimana generasi yang sekarang lebih banyak menggunakan hp dari pada buku bacaan,” beber Maharudin saat di temui di rumah baca Al-Hijrah, Senin (03/08/2020).

Di juga mengatakan, dengan adanya rumah baca Al-Hijrah, sangat membantu dimana anak-anak yang kurang mengerti dengan pelajaran di sekolah, akhirnya dapat dikerjakan. Selain itu dijadikan sebagai tempat pengajian.

“Disini juga kami ajar mengaji. Sore hari untuk anak Sekolah Dasar (SD), malam untuk remaja. Kemudian ada yang belajar matematika, fisika. Hanya kami terkendala di buku, karena masih sangat kurang. Apalagi buku yang tersedia kebanyakan untuk mahasiswa,” bebernya.

Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Busel, Mukmin, sangat mengapresiasi pendirian Rumah Baca Al-Hijrah. Dia berjanji akan meminjamkan buku, dengan syarat sudah mengantongi Memorandum Of Understanding (MoU).

Baca Juga :  Tes SKD CPNS Busel Digelar Awal Oktober, Peserta Wajib PCR Atau Swab

“Yang begini saya suka. Mereka bisa meminjam buku di dinas perpustakaan dalam beberapa hari, tetapi harus ada MoUnya. Kalau tidak punya MoU, tidak bisa di bawa itu buku. Harus ada perjanjian, karena buku di perpustakaan ini aset daerah,” pungkas Mukmin.

Dia juga mengatakan, akan meninjau lokasi rumah baca Al-Hijrah yang ada di kelurahan Majapahit.

“Kita akan kelokasi, nanti kita liat program apa yang bagus untuk rumah baca itu,” tegasnya. (Adm)

Peliput : Firman

Komentar
3