Tutup WCD, Wawali Baubau Ajak Masyarakat Peduli Sampah

141
Ketgam : wakil walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse dan Kapolres Baubau  AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari, S.IK. S.H, foto bersama relawan pilah sampah di Kotamara, Sabtu, (19/09/2020). (Foto : Firman/Satulis.com).

SATULIS.COM, Baubau – Wakil Walikota (Wawali) Baubau, La Ode Ahmad Moniase mengajak seluruh masyarakat untuk melestarikan lingkungan dengan cara peduli terhadap sampah.

“Agar kita semua senantiasa dapat menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, meningkatkan nilai-nilai kebersihan, serta senantiasa kita jaga dan pelihara dalam rangka meningkatan lingkungan hidup bersih dan sehat yang berkelanjutan,” pungkas Monianse saat menutup World Cleanup Day (WCD), Sabtu (19/09/2020) di Kotamara.

Dalam kesempatan itu, Monianse tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada para relawan hijau yang telah berhasil melaksanakan kegiatan WCD dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan diseluruh wilayah Kota Baubau.

- Advertisement -

Menurut Monianse, apa yang telah dilakukan relawan hijau akan bermanfaat dalam mewujudkan Kota Baubau yang maju, sejahtera serta berbudaya dalam rangka mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

“Bagaimana kita menyadarkan mereka (masyarakat), sampah itu akan menjadi musuh kita, sehingga di butuhkan kepedulian untuk bisa melawan itu,” kata dia.

Dikatakan Monianse, tempat penggelola sampah yang dimiliki Kota Baubau sangat terbatas. Olehnya itu di harapkan kesadaran semua pihak secara cerdas memilah sampahnya sendiri.

“Mulai di pisah, mana sampah yang harus dibuang ke Tempat Pembuagan Akhir (TPA) sampah, mana yang bisa di daur ulang atau di gunakan kembali,” ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), instansi vertikal, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, lurah, pengurus Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan suka relawan hijau.

Diketahui, kegiatan WCD melibatkan seluruh OPD  yang ada di kota Baubau, TNI-Polri, pengerak PKK, LSM bidang lingkungan hidup serta seluruh masyarakat Kota Baubau.

Sebelumnya, pelaksanaan WCD di kota Baubau telah di laksanakan sejak Minggu (13/09/2020) sampai dengan Sabtu (19/09/2020), pada 8 Kecamatan dan 43 Kelurahan yang tersebar di Kota Baubau.

Baca Juga :  Dua Rumah Di Bataraguru Ludes Terbakar, Salah Satunya Milik Komisioner KPU Baubau

Kegiatannya melibatkan partisipasi masyarakat dalam pengurangan sampah, baik sampah plastik atau sampah organik, serta peningkatan kebersihan disetiap rumah dan semua titik penghasil sampah di Kota Baubau. (adm)

Peliput : Firman

Komentar
2