Pilkada Butur, Abu Hasan Janji Bangun Bandara di Desa Lantagi

295
Ketgam : Calon petahana Bupati Buton Utara, Abu Hasan saat menggelar kampanye di Desa Lantagi, Jumat (02/10/2020). (Satulis/Haslin)

SATULIS.COM, Buton Utara – Calon Bupati dan Wakil Bupati Buton Utara (Butur), Abu Hasan – Suhuzu (AHS) menggelar kampanye terbatas di Desa Lantagi, Kecamatan Kulisusu, Jumat (02/10/2020).

Dalam penyampaiannya, Abu Hasan berjanji akan membangun Bandara Udara di Desa itu jika kembali terpilih sebagai Bupati Butur untuk periode kedua. Bahkan pembangunan itu akan dilakukan pada tahun pertama pemerintahannya bersama Suhuzu.

“Insya Allah tahun depan bandara Buton Utara kita akan bangun di Lantagi, sehingga desa Lantagi menjadi Desa terpenting karena akan menjadi pintu masuk semua orang,” janji Abu Hasan.

- Advertisement -

Dikatakan Abu Hasan, untuk membangun sebuah Bandara, tentunya dibutuhkan sejumlah persiapan, baik itu pematangan lahan maupun dokumen kelengkapan semisal studi kelayakan seperti AMDAL.

“Mungkin juga ada komitmen-komitmen, MoU dengan pemerintah pusat. Karena pembangunan bandara ada sisi darat dan sisi udara, mana yang ditangani Pemerintah Kabupaten dan mana yang ditangani Pemerintah Pusat. Itu disepakati dari awal,” ujurnya.

Dengan begitu kata Abu Hasan, infrastruktur jalan Desa Lantagi akan segera dibangun, perumahan, listrik dan air bersih akan ditingkatkan pada masa yang akan datang.

“Sehingga pembangunan bandara pada saatnya akan terbangun secara integral, karena masing-masing pihak sudah ada porsi, daerah bangun apa, pusat bangun apa,” pungkasnya.

Kata Abu Hasan, kualitas kehidupan masyarakat harus diperbaiki. Terlebih masyarakat hidupnya di bidang perikanan, kelautan dan di bidang pertanian, terutama pertanian non beras.

“Lantagi yang paling penting persiapan sosial ekonomi, karena masyarakat masih gampang dipengaruhi oleh pihak luar. Kemudian ekonomi harus dipersiapkan, karena kalau kuat ekonomi, pengaruh apapun yang datang tidak akan mudah mempengaruhi masyarakat,” tegasnya.

“Yang paling penting disini adalah bagaimana menyiapkan ekonomi sosial masyarakat untuk hadirnya bandara. Begitu bandara hadir pada saat bersamaan, secara sosial ekonomi masyarakat juga sudah siap, tinggal kepeningkatan kemampuan sosial” bebernya. (Adm)

Baca Juga :  Warga Segel Sekolah, Bupati Butur: Kita Serahkan Pada Proses Hukum

Peliput : Haslin

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry