Tekan Angka Pengangguran, Pemda Buteng Gelar Pelatihan PBK Non Institusional

137
Ketgam: Samahuddin saat membuka kegiatan pelatihan PBK non institusional di gedung kesenian desa Morikana. (Satulis.com/Arwin)

SATULIS.COM, Buton Tengah – Bupati Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) H Samahuddin membuka kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) non Institusional yang di gelar di gedung kesenian desa Morikana, Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng), Jumat (16/10/2020).

Dalam kesempatannya Bupati Buteng, Samahuddin meminta kepada seluruh masyarakat utamanya para peserta yang mengikuti pelatihan agar benar benar mengikuti materi yang di berikan.

“Dari 10 program BLK Kendari, kita dapat program 4 paket sama dengan Muna, sedangkan kabupaten lain seperti Wakatobi dan Konawe dapat 1 paket saja. Olehnya itu saya harap pelatihan ini di ikuti dengan baik,” ujar Samahuddin sesaat sebelum membuka kegiatan pelatihan.

- Advertisement -

Tak hanya meminta, orang nomor satu Buteng ini juga menjelaskan maksud dan tujuan dari diadakannya kegiatan pelatihan tersebut.

Dalam penjelasan singkatnya, Samahuddin mengatakan bahwa maksud kegiatan adalah guna mempersiapkan tenaga kerja terampil untuk masyarakat sesuai dengan kebutuhan dunia industri dan usaha serta mampu berwirausaha secara mandiri.

“Saudara saudaraku kegiatan ini akan berjalan 1 bulan dimana akomodasinya sudah ditanggung oleh pemerintah, sebab itu saya minta agar di ikuti dengan baik. Apa yang pemerintah lakukan saat ini adalah untuk menekan angka pengangguran,” katanya.

Sebelum menutup sambutannya dan membuka kegiatan, politisi PDI-P ini berjanji kepada mereka yang mengikuti pelatihan kelak akan di beri modal usaha dalam mengembangkan pengetahuan yang di peroleh.

“Kalau sudah punya keterampilan, pasti pemerintah daerah akan berikan bantuan modal usaha kepada masyarakatnya agar mereka tambah sejahtera dan mampu merencanakan masa depannya,” jelasnya.

Adapun kegiatan yang diselenggarakan oleh BLK Kendari kerjasama Pemda Buteng terdiri atas 4 paket program pelatihan yakni, program tekhnik sepeda motor konvensional paket I, II dan menjahit pakaian dasar paket I dan II dengan jumlah peserta 64 orang.

Baca Juga :  Geliat Pembangunan Terus Meningkat, Bupati Buteng Puji Diri Sendiri dan Kadis

Dengan menggelar pelatihan ini, Pemda Buteng optimis mampu menekan jumlah angka pengangguran di wilayahnya sehingga mereka bisa memberi kontribusi pada daerah. (Adm)

Peliput : Arwin

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1