Miris, Bocah 5 Tahun di Buteng Buang Air Dengan Lubang di Perutnya

693
Ketgam : Naufal bersama sang nenek saat di temui di rumahnya.

SATULIS.COM, Buton Tengah – Naufal (5) bocah asal desa Moko, kecamatan Lakudo, Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) tampaknya tak seriang anak seumurannya. Pasalnya, sejak lahir Naufal tak memiliki anus seperti anak lainnya.

Untuk bisa membuang hajatnya, anak yang masih duduk di taman Kanak Kanak (TK) ini mesti di lubangi perutnya agar bisa mengeluarkan kotoran dan mampu bertahan hidup.

Wa Tema (70), nenek dari Naufal saat di temui menuturkan bahwa kondisi cucunya tersebut di alaminya sejak lahir.

- Advertisement -

Ditambah lagi dengan kondisi yang serba kekurangan, hal itu membuat nenek Wa Tema tak bisa berbuat banyak untuk cucunya.

“Sudah begini mi kasian sejak lahir. Mamanya juga sudah meninggal, sementara bapaknya pergi merantau di luar kota,” Kata Wa Tema dengan nada yang berat saat ditemui di kediamannya, Senin (07/12/2020) sore.

Ketgam : kondisi perut Naufal dengan di ikat kantung kresek usai buang hajat

Ia menceritakan, setiap kali cucunya ingin membuang hajat, pembungkus perut Naufal harus di lepas terlebih dahulu kemudian di keluarkan kotoran dari lubang yang telah di buat sendiri.

Usai di bersihkan, perut Naufal kemudian di tutup atau di ikat dengan kain bahkan menggunakan kantung kresek.

“Itu lukanya di perut, jadi pembungannya keluar dari situ. Kalau saya sudah bersihkan kotorannya, saya tutup pakai kain atau saya bungkus pakai kantong plastik supaya tidak keluar baunya,” Ceritannya.

Yang menjadi ke khawatiran, lanjut sang nenek, pada saat cucunya bermain dengan rekan sebayanya yang sewaktu waktu bisa membahayakan luka di perutnya.

Ia juga menambahkan, Naufal selama ini belum pernah menerima perawatan medis.

“Bapaknya masih kerja diluar kota untuk cari biaya operasinya ini anak, dulu sudah sempat ada terkumpul, hanya uang itu dipakai untuk biaya pemakaman mamanya,” Terangnya

Baca Juga :  Masjid Raya Nurul Yakin Mawasangka Akan Gelar Sholat Tarwih Bersama

Nenek Wa Tema berharap ada seorang derma di Buton Tengah yang mau membantu kesulitan cucunya sehingga bisa melakukan operasi (Adm).

Peliput : Arwin

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1