Bimtek Statistik Sektoral: Data Harus Tersaji Lengkap

22

SATULIS.COM, KENDARI Pelaksanaan Bimbingan Teknis Pengelolaan Data Statistik Sektoral yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memasuki hari kedua, Selasa (19 Januari 2021).

Kegiatan yang digelar di Hotel Fortune Front One ini diikuti oleh 29 perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemprov Sultra.

Para narasumber yang berasal dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra menuntun para peserta mengenai teknik-teknik melakukan survei dan menyajikan data secara komprehensif. Salah satu teknik penyajian data, yaitu dengan melengkapinya dalam bentuk metadata.

- Advertisement -

“Metadata memungkinkan data dapat terbaca dengan jelas, dan tidak adalagi berbagai macam interpretasi yang timbul dari sebuah data yang ditampilkan. Metadata memungkinkan semua proses, indikator, dan variabel-variabel penyusunan data menjadi bagian yang tak terpisahkan dari data itu sendiri,” jelas Juneadi, salah seorang narasumber dari BPS.

Peserta pelatihan juga melaksanakan praktek penginputan data-data statistik serta pengolahan data sesuai dengan tupoksi dari OPD masing-masing. 

Bimtek Pengelolaan Data Statistik Sektoral merupakan salah satu inisiasi dari kebijakan satu data di Sulawesi Tenggara agar lebih terintegrasi dengan harapan tidak terdapat lagi perbedaan dan tumpang tindih data statistic. Hanya ada satu referensi data yang menjadi pegangan dalam pembuatan kebijakan strategis. (Adm)

Komentar
Baca Juga :  Kemenkumham Sultra Usul 1.161 Narapidana Dapat Remisi Umum