Safrin Laiso Tegaskan Peran Penting Pers Dalam Memerangi Pandemi Covid-19

160
Safrin Laiso

SATULIS.COM, BAUBAU Dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021, Safrin Laiso, yang akrab disapa Basantan, menegaskan pentingnya peran pers dalam rangka memerangi penyebaran virus Covid-19. Dia juga tidak lupa mengucapkan selamat kepada seluruh insan pers, terkhusus di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pandemi covid-19 yang melanda seluruh dunia tidak hanya menyerang kesehatan, tetapi juga melumpuhkan ekonomi dunia, tidak terkecuali perusahaan pers. Olehnya itu kata Safrin, Pers harus mampu bertahan dan bangkit serta terus eksis.

“Pers sebagai pilar ke-empat pada negara demokrasi harus tetap eksis menjaga konsistensinya,” kata Safrin Laiso, direktur utama PT. Dewa Napan Mineral (DNM).

- Advertisement -

Sebagai pengusaha dan politikus muda di Sultra, Safrin Laiso mengajak insan pers untuk mampu memainkan peran dalam memerangi Covid-19, serta memutus mata rantainya. Pers harus mampu menjembatani dan menjadi informasi serta edukasi bagi masyarakat tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan.

Menurutnya, peran itu hanya mampu dimainkan oleh pers ditengah kencarnya gelombang informasi dari media sosial yang sumber dan kebenaran tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Selamat kepada teman-teman pers, teruslah menjadi komponen yang mencerdaskan kehidupan bangsa, konsisten menjaga objektivitas, semakin profesional, tetap solid serta menjalankan tugasnya sebagai kontrol sosial dan Insyaallah menjadikan bangsa kita lebih kuat setelah melewati masa pandemi ini,” katanya.

”Terima kasih untuk rekan-rekan pers media yang selama ini telah mendukung dan menyuport saya. Menjadi teman dan sahabat saya, mitra dan seperti keluarga saya. Karena tanpa media dan rekan-rekan pers, tentunya figur perpolitikan saya tidak bisa dikenal luas,” tutupnya.

Ketua PWI Baubau, La Ode Aswarlin SH, mengatakan peringatan HPN tahun ini berbeda dengan sebelumnya karena dalam suasana pandemi Covid-19. Hari Pers Nasional diperingati setiap 9 Februari. Tanggal ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Baca Juga :  FOKUS Tomia Dukung Polisi Ungkap Pelaku Penikaman Wartawan Baubau

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985, disebutkan bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

Hari Pers Nasional 2021 mengangkat tema “Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan”. Jakarta menjadi tuan rumah peringatan Hari Pers Nasional 2021.

HPN 2021 akan menghadirkan serangkaian kegiatan, seperti seminar, konvensi, dan acara puncaknya dipusatkan di Ancol, Jakarta. Acara akan diikuti secara virtual oleh jurnalis anggota PWI dari seluruh Indonesia serta anggota organisasi konstituen Dewan Pers.

Presiden Joko Widodo juga rencana akan menghadiri acara puncak HPN dari Istana Merdeka secara virtual.
(Adm)

Komentar
1