Buka Musrenbang, Camat Mastim Minta Usulan Masyarakat Jadi Prioritas Pembangunan

143

SATULIS.COM, BUTON TENGAH – Pemerintah Kecamatan Mawasangka Timur (Mastim) Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun anggaran 2022.

Musrembang yang digelar di aula serbaguna Kecamatan tersebut turut dihadiri berbagai unsur/lembaga, tokoh masyarakat/BPD/perwakilan masyarakat Desa, Kepala Desa, kepala Sekolah semua jenjang pendidikan lingkup Pemkec, Kepala Jawatan Vertikal maupun Otonom lingkup Pemkec Mastim, OPD dan Anggota DPRD dapil Mawasangka Timur-Mawasangka Tengah.

Hermansyah, Camat Mastim dalam sambutannya mengatakan Musrenbang Kecamatan merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan yang bertujuan untuk mengakomodir usulan kegiatan dengan pendekatan dari bawah ke atas (bottom up).

- Advertisement -

“Musrenbang Kecamatan merupakan Musrenbang tahap 2 setelah tingkat Desa/Kelurahan sebagai bagian dari penyusunan dokumen rencana pembangunan Kecamatan serta menjadi bahan Renja OPD yang akan dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun Anggaran 2022,” kata Hermansyah saat membuka Musrenbang Kecamatan Mastim, Selasa (09/03/2021).

Dengan adanya forum musyawarah agenda tahunan ditingkat Kecamatan, lanjut mantan aktifis UHO ini, nantinya akan disepakati usulan rencana kegiatan pembangunan dari desa hingga dalam pelaksanaannya lebih tepat sasaran sesuai kebutuhan masyarakat.

Untuk itu, Camat yang akrab disapa bang Anca ini berharap Musrenbang kali ini menghasilkan dokumen perencanaan pembangunan yang mampu menampung aspirasi masyarakat yang komprehensif baik dari sisi kepentingan Nasional maupun kepentingan daerah sesuai dengan Visi Misi pemerintah daerah.

“Karena proses pelaksanaan Musrenbang kali ini semua usulan harus masuk dalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) dan tidak ada lagi pembangunan yang dilaksanakan tidak termuat dalam sistem dimaksud. Olehnya itu saya berharap kepada pemerintah daerah dalam hal ini Bappeda selaku dinas tekhnis betul betul memperhatikan usulan masyarakat bawah yang telah dimuat dalam berita acara Musrenbang,” pintanya.

Baca Juga :  Polemik Pembagian Dana PPM PT. AHB, Boby Ertanto: Ini bukan Soal Bagi Bagi

“Saya secara pribadi dan kelembagaan mengucapkan banyak terima kasih kepada peserta Musrenbang hari ini yg sudah datang dan menyampaikan aspirasi demi kemajuan pembangunan di wilayah kita Mawasangka Timur,” tutupnya. (Adm)

Peliput Arwin

Komentar