Deklarasi Berjalan Sukses, Umar Samiun Kukuhkan Pengurus Hippton

409
Ketgam : Foto bersama pengurus Hippton usai pengukuhan di Gedung Pancasila, Kota Baubau, Sabtu (13/03/2021). (Foto : Gunardih Eshaya/Satulis)

SATULIS.COM, BAUBAU Deklarasi dan pengkuhan pengurus Himpunan Pemuda dan Perempuan Kepulauan Buton (Hippton) di gedung Pancasila, Kota Baubau, Sabtu (13/03/2021) berlangsung meriah dan sukses dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Pembukaan acara diawali dengan penampilan tari Lawati yang dipersembahkan oleh putra-putri binaan Hippton. Kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya, mars Hippton, serta lagu Padamu Negeri oleh kelompok paduan suara yang juga hasil binaan Hippton. Dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Ustadz Hamdani.

Acara deklarasi juga diramaikan dengan penampilan Izat, peserta The Voice Kids Indonesia asal Kota Baubau. Disusul dengan Stand Up Comedy yang juga dibawakan oleh dua komedian asal Kepton. Pada akhir acara, peserta dan undangan yang hadir dihibur oleh penampilan artis Ibukota, Mario G Klau.

- Advertisement -

Ketua panitia, Ramla Asimu, dalam laporannya mengatakan, gagasan berdirinya Hippton merupakan inisiatif dari Yulia Samsu Umar Abdul Samiun bersama kelompok pemuda dan perempuan dalam upaya mewujudkan pembangunan yang berkeadilan.

“Bahwa pemuda dan perempuan sebagai warga negara maupun sebagai sumber insan pembangunan mempunyai hak kewajiban dan kesempatan yang sama dalam segenap kegiatan pembangunan di segala bidang kehidupan,” ucapnya.

Ketgam : Samsu Umar Abdul Samiun selaku Ketua Dewan Pembina memasangkan Pin kepada Ketua Umum Hippton, Yulia Umar Samin, Sabtu (13/03/2021). (Foto: Gunardih Eshaya/Satulis)

Sementara itu, Ketua Umum Hippton, Yulia Samsu Umar Abdul Samiun, dalam sambutannya mengatakan, Hippton berasaskan Pancasila dan UUD 1945 dengan menganut prinsip kepedulian, keadilan, kesetaraan, persaudaraan, keberdayaan dan anti kekerasan.

Dikatakan, salah satu tantangan berat yang dihadapi masyarakat dunia, termasuk Indonesia, adalah pandemi Covid-19. Puluhan juta orang di seluruh dunia telah dinyatakan terpapar, dimana ratusan ribu kehilangan nyawa. Covid-19 telah melanda 290 negara.

“Ini merupakan masa-masa yang berat dan sulit bagi kehidupan masyarakat dan sangat terasa di wilayah Sulawesi Tenggara, khususnya di Kepulauan Buton yang kita cintai,” kata Yulia.

Baca Juga :  BPKP Audit Indikasi Korupsi TPI Wameo

“Kita tidak boleh berdiam diri ditengah kondisi ini. Kreatifitas dan gagasan saat pandemi harus tetap menyala. Pelaksanaan rakor online, walaupun berjauhan secara raga, namun hati tetap dekat,” ungkap Yulia.

Yulia menambahkan, Hippton sebagai organisasi masyarakat sipil atau organisasi non pemerintah, di inisiasi pembentukannya pada 9 Desember 2020. Dimana saat itu bangsa Indonesia secara serentak melakukan proses pesta demokrasi pemilihan kepala daerah pada 270 daerah.

Pada 30 Januari 2021, Hippton kemudian melakukan kongres I dan ditindaklanjuti dengan pengkuhan pengurus Hippton periode 2021-2026 hasil kongres. Dimana pada kongres I, Yulia Umar Samiun terpilih secara aklamasi.

Dalam acara deklarasi itu, Samsu Umar Abdul Samiun selaku Ketua Dewan Pembina mengukuhkan langsung kepengurusan Hippton periode 2021-2026. Pengukuhan pengurus ditandai dengan pemasangan PIN Hippton pada Ketua Umum, Sekretaris Umum dan para ketua bidang. Sebelum dipasangi PIN, para pengurus yang akan dilantik, terlebih dahulu diambil sumpahnya.

Turut hadir dalam acara itu, Bupati Buton Drs La Bakry, Ketua DPRD Buton Hariasi SH, Ketua DPRD Baubau H Zahari, Sekda Busel La Siambo, mantan bupati Buton LM Sjafei Kahar, mantan wakil walikota Baubau, Wa Ode Maasra Manarfa serta sejumlah tokoh masyarakat dan anggota DPRD cakupan wilayah Kepton. (Adm)

Peliput : Gunardih Eshaya

Komentar