Ketua Dewan Masjid Baubau Resmikan Masjid Quba Tampuna

50

SATULIS.COM, BAUBAU Masjid Quba yang berada di Kelurahan Tampuna, Kecamatan Bungi, yang pendiriannya diprakarsai oleh salah seorang tokoh masyarakat Jawa yang ada di Kota Baubau, yakni KH Mufid telah selesai pembangunannya.

Secara resmi penggunaannya dilakukan oleh Ketua Dewan Masjid Kota Baubau, Dr Roni Muhtar M.Pd pada Minggu (14/3/2021).

Dirilis Diskominfo Kota Baubau, Ketua Dewan Masjid Kota Baubau Dr Roni Muhtar, M.Pd memberikan apresiasi  dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Jawa yang ada di Kota Baubau, terutama kepada KH Mufid yang memprakarsai sehingga masjid Quba bisa berdiri di Kelurahan Tampuna.

- Advertisement -

Menurut, selain tempat untuk beribadah, masjid juga sebagai tempat bersilaturahim dengan seluruh umat islam yang ada di Tampuna dan dengan masyarakat Jawa yang ada di Kota Baubau. Tentunya dengan tujuan untuk membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan keagamaan dan bagaimana membangun negeri.

Pada peresmian Masjid Quba Tampuna yang diirangkaikan dengan peringatan Isra Mi’raj tersebut, Roni Muhtar yang saat ini juga sebagai Sekda Baubau, berharap kepada seluruh masyarakat Jawa yang ada di Kota Baubau, agar selalu berpedoman pada semboyan di manapun bumi dipijak disitulah langit dijunjung.

Karena itu, nilai-nilai PO 5 yang menjadi model kepemimpinan pemerintahan di Kota Baubau yang selama ini selalu digaungkan Wali Kota Baubau Dr H AS Tamrin, MH dapat pula diterapkan oleh masyarakat Jawa yang berada di Baubau dalam kehidupan sehari-harinya.

Menurut Roni Muhtar, antara falsafah Jawa dengan nilai-nilai PO 5 sesungguhnya memiliki kesamaan. Sebab nilai-nilai PO 5 seperti Pomaa maasiaka (saling menyayangi) juga ada di daerah lain. Demikiian pula dengan nilai Poangka angkataka (saling menghargai). Apalagi memang, PO 5 memiliki nilai yang universal atau umum sehingga dimana saja bisa berlaku.

Baca Juga :  Kontribusi Lippo Tetap ke Buton

“Saya berharap masyarakat Jawa yang ada di Baubau dapat memahami nilai-nilai PO 5 dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Sebagai Ketua Dewan Masjid Kota Baubau, Roni Muhtar menghimbau kepada seluruh umat islam yang ada di Baubau untuk segera memanfaatkan keberadaan masjid yang ada di lingkungannya masing-masing untuk melakukan ibadah menjalankan perintah Allah Subhanah Wataallah. (Adm)

Editor : Gunardih Eshaya

Komentar