4 dari 7 KSPN Wakatobi Segera Disulap jadi Wisata Millenium

135
Ketgam : Kadis PU kabupaten Wakatobi, Kamaruddin. Foto : Arjuno/satulis.com

SATULIS.COM, WAKATOBI Masuk sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), 7 titik tempat wisata di kabupaten Wakatobi akan disulap Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR) menjadi pariwisata Millenium.

Kadis PU Kabupaten Wakatobi, Kamaruddin mengatakan, 7 titik KSPN tersebut yakni sombu dive, permandian kontamale, toliamba, danau kapota, pembuatan alun-alun lapangan merdeka, keraton liya Togo, Marina.

“Marina itu di bagi menjadi empat zona yakni zona pertama dari Marina sampai pelabuhan wanci, kedua pelabuhan wanci ke bank BPD, zona ketiga dari Bank BPD sampai jembatan pangulu Belo, dan ke empat dari jembatan pangulu Belo sampai pemukiman bajo,” ujarnya, Rabu (21/4/2021).

- Advertisement -

Tahap pertama, kata Kamaruddin, kementerian PUPR dalam rangka mendukung KSPN, akan menbangun di tujuh titik tersebut, sehingga dana sharing antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah perlukan dimana pemerintah daerah harus bisa mempersiapkan dokumennya dengan clear and clear (tidak ada masalah).

“Jadi Pemda harus mempersiapkan dokumen lingkungannya. Sekarang ini yang sementara kami buatkan dokumen lingkungannya, pertama alun-alun lapangan merdeka, sombu dive, toliamba, dan danau kapota,” tuturnya.

Sementara untuk itu pembangunan di benteng Liya Togo dan Marina lanjutnya, masih dalam pembuatan DED. Begitu juga dengan permandian kontamale yang belum dilakukan progres, pasalnya memerlukan pembebasan lahan dan jangka waktunya panjang.

“Adapun untuk Marina karena anggarannya besar akan mengunakan AMDAL, karena berada di laut. Tapi alun-alun lapangan merdeka, sombu dive, toliamba, dan danau kapota, sudah kita siapkan dokumennya, dan tahun ini akan eksen dan anggaran belum kita pastikan, yang jelas ratusan milyar karena dilelang langsung oleh pusat,” pangkasnya. (Adm)

Penulis : Arjuno
Editor : Gunardih Eshaya

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Punya Keinginan Mundur dari Wakil Bupati, Tekad untuk Berwakatobi Jadi Penguat Ilmiati