AS Tamrin : Guru Harus Menjadi Contoh Teladan

5

SATULIS.COM, BAUBAU – Sebagai seorang pendidik, guru dituntut untuk memiliki kemampuan lebih karena harus dapat menjadi contoh teladan bagi murid-muridnya. Pasalnya, guru yang dapat menjadi contoh teladan akan mampu mendidik murid-muridnya dalam berbagai aspek, khususnya aspek moral.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Baubau Dr. H. AS Tamrin, MH. melalui sambutannya saat menghadiri dan membuka dengan resmi Diklat Calon Kepala Sekolah dan Seleksi Substansi Diklat Calon Pengawas Sekolah Tingkat TK, SD, dan SMP Tahun 2021 di Hotel Zenith Premier Baubau, Sabtu (1/5/2021).

“Guru itu bukan hanya mampu mengajar tapi juga harus mampu mendidik murid-muridnya. Guru tidak hanya mengajarkan rumus-rumus serta pelajaran lainnya kepada para murid, namun harus mampu membentuk moral dan mental murid-muridnya agar kelak menjadi orang baik,” tandas H. AS Tamrin.

- Advertisement -

Orang nomor satu di Kota Baubau ini menilai, tergerusnya nilai moral generasi muda saat ini adalah merupakan dampak dari berkembannya Teknologi Informasi dan Komunikasi. Menurutnya, dampak tersebut sangat terasa, di mana para pelajar yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menegah Atas (SMP) sudah gemar tawuran bahkan ikut berunjuk rasa.

“Kita semua sudah menyaksikan fenomena ini di media-media, anak-anak SMP sudah berani ikut-ikut unjuk rasa padahal mereka ini masih kecil-kecil. Itu pasti ada yang suruh-suruh, berarti yang suruh-suruh ini lebih berpengaruh daripada orang tua dan gurunya,” tukasnya.

Untuk itu H. AS Tamrin menekankan, agar dalam menjalankan tugas sebagai guru harus didasari dengan rasa ikhlas dan rasa tanggung jawab, bukan dengan niat hanya untuk menggugurkan kewajiban. Pasalnya, guru yang mengajar dengan hati tulus akan mampu mendidik murid-muridnya sehingga menjadi anak yang memiliki moral dan karakter yang baik.

Baca Juga :  Gelar LK II, HMI Baubau Bakal Hadirkan Menteri dan Sejumlah Tokoh Nasional

“Siapa lagi yang akan memberi contoh-contoh yang baik kepada generasi muda selain kita-kita ini. Tidak ada manusia pintar tanpa guru, tapi kalau gurunya saja tidak memberi contoh yang baik ini yang jadi persoalan. Olehnya itu guru haru mampu menjadi contoh teladan bagi para siswa-siswanya,” ujarnya.

Kepada para calon Kepala Sekolah dan Pengawas Wali Kota dua periode ini mengingatkan, agar dalam mengikuti diklat tersebut harus serius. Hal ini mengingat calon Kepala Sekolah dan Pengawas harus mempunyai satu intervensi yang dibuktikan dengan Sertifikat sebagai syarat untuk menduduki jabatan tersebut.

“Di dalam perkembangan kepegawaian, banyak di antara kita yang sudah pensiun, sehingga dalam mengangkat Kepala Sekolah kita kesulitan. Disisi lain pengangkatan tersebut harus dilakukan tentunya, karena ini menyangkut pemenuhan kebutuhan dalam rangka penandatanganan dokumen-dokumen sekolah,” pungkasnya. (Adm)

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry