Pemkot Baubau Minta 26 Cabor pada Ajang Porprov di Pertandingan di Baubau

70
Sekda Kota Baubau, Dr Roni Muhtar menemui ketua KONI Sultra, Agista Ariyani guna meminta 26 cabor dalam Porprov Sultra kedepan, dipertandingkan di Kota Baubau

SATULIS.COM, KENDARI – Meskipun pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sultra masih 1 tahun lagi, namun Kota Baubau yang ditunjuk sebagai tuan rumah bersama Kabupaten Buton pada Porprov Sultra nanti sudah melakukan upaya-upaya agar beberapa Cabang Olahraga (Cabor) khususnya 26 Cabor yang akan dipertandingkan dalam Porprov Sultra nanti dapat dilaksanakan di Kota Baubau.

Oleh sebab itu, dengan dipimpin oleh Sekda Baubau Dr Roni Muhtar, M.Pd, Pemkot Baubau yang terdiri dari Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dispora) Kota Baubau, Koni Kota Baubau telah menemui ketua Koni Sultra Agista Ariany Ali Mazi di rujab Gubernur Sultra pada Kamis sore (20/5.2021) guna membicarakan agar 26 Cabor usulan Kota Baubau segera ditetapkan oleh Koni Sultra

Hal ini diungkapkan Kadispora Kota Baubau La Ode Darussalam, S.Sos, M.Si usai mendampingi Sekda Baubau menemui ketua umum Koni Sultra Agista Ariany di Kendari Kamis (20/5/2021).

- Advertisement -

Menurut Darussalam, pada pertemuan dengan ketua Koni Sultra Agista Ariany Ali Mazi, Sekda Kota Baubau Roni Muhtar yang didampingi jajaran Dispora Kota Baubau, Wakil Ketua dan Sekretaris Koni Kota Baubau tersebut, selain mengusulkan agar 26 Cabor dipertandingkan di Kota Baubau pada Porprov Sultra nanti, juga Sekda Baubau Roni Muhtar telah memberikan jaminan akan memperbaiki venue-venue 26 Cabor tersebut dengan menganggarkan setelah dilihat apa-apa yang harus dibenahi.

Disamping itu, ungkap Darussalam, Dispora Kota Baubau juga atas petunjuk Sekda Baubau telah mengajukan proposal kepada Dinas PU Cipta Karya Sultra untuk penganggaran GOR dan kolam renang.

Dikatakan Darussalam, ketua Koni Sultra Agista Ariany Ali Mazi pada dasarnya tidak keberatan dengan usulan Kota Baubau agar 26 Cabor yang akan dipertandingkan pada Porprov Sultra nanti dilaksanakan di Kota Baubau. Hanya saja, ketua umum Koni Sultra akan menurunkan tim survey terlebih dahulu dari Koni Sultra untuk melihat kelayakan 26 Cabor yang diusulkan Kota Baubau tersebut.

Baca Juga :  Peringati 10 Muharam, Pemkot Baubau Gelar Ritual Pakandeana Anaana Maelu

Bahkan, ada rencana pada 28 Mei 2021, ada tim dari Koni Sultra turun ke lapangan untuk meninjau kelayakan Kota Baubau yang telah mengusukan 26 Cabor untuk dipertandingkan di Baubau.

Sebelum pertemuan dengan ketua umum Koni Sultra Agista Ali Mazi, jajaran Dispora Kota Baubau bersama Wakil ketua dan Sekretaris Koni Kota Baubau ungkap Darussalam, terlebih dahulu melakukan pertemaun dengan jajaran pengurus Koni Sultra sekaligus mengajukan surat kepada Koni Sultra untuk segera menetapkan cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan di Kota Baubau sebagai tuan rumah bersama dengan Kabupaten Buton.

Hal ini sangat penting, mengingat penganggaran pembangunan venue karena pelaksanaannya di tahun 2022.

“Jadi untuk pembahasan anggarannya harus segera dimasukkan. Setelah kami dari Dispora dan Koni Kota Baubau bertemu langsung dan bertatap muka dengan Koni Sultra dan setelah memaparkan 26 Cabor yang layak akan dipertandingkan di Kota Baubau, pada dasarnya Koni Sultra sependapat dengan Pemkot Baubau dan Koni Kota Baubau agar pelaksanaan 26 Cabor itu dilaksanakan di Kota Baubau. Namun sekali lagi keputusan final tergantung dari ketua Koni Sultra Agista Ariany Ali Mazi,” ujarnya.

Sementara itu, 26 Cabor yang diusulkan oleh Pemkot dan Koni Baubau adalah Sepak Bola, Billiard, Catur, Bridge, Muaythai, Tinju, Tennis Meja, Panahan, Renang, Dayung, Panjat Tebing, Tennis Lapangan, Atletik, Kempo, Silat, Wushu, Karate, Tarung Drajat, Balap Motor, Selam, Balap Sepeda, Sepatu Roda, Angkat Berat dan Soff Ball. (Adm)

Komentar