Belgia Vs Portugal – Setan Merah Lawan Italia, Juara Bertahan Tersingkir

349
Gelandang Belgia Youri Tielemans membayangi penyerang Portugal Cristiano Ronaldo pada laga 16 besar Euro 2020 di Stadion La Cartuja, Sevilla, Senin (28/6/2021) dini hari WIB.(AFP/JOSE MANUEL VIDAL)

SATULIS.COM –

KOMPAS.com – Belgia berhasil menyingkirkan juara bertahan Portugal pada babak 16 besar Piala Eropa atau Euro 2020.

Laga Belgia vs Portugal yang digelar di Stadion La Cartuja, Sevilla, pada Senin (28/6/2021) dini hari WIB itu berakhir dengan skor 1-0.

- Advertisement -

Satu-satunya gol yang membuat Cristiano Ronaldo dkk tersingkir tercipta lewat sepakan jarak jauh Thorgan pada menit ke-42. Hasil ini membuat Belgia lolos ke perempat final Euro 2020 dan akan menghadapi Italia yang melaju lebih dulu setelah mengalahkan Austria pada 16 besar, Minggu (27/6/2021) dini hari WIB.

Sementara itu, Portugal harus tersingkir dan tak bisa melanjutkan perjuangan di Euro 2020.

Jalannya laga Belgia vs Portugal

Pada awal babak pertama, Portugal lebih dulu mengambil inisiatif penguasaan bola. Mereka kemudian menciptakan peluang emas pertama pada menit keenam.

Diogo Jota yang bergerak di sisi kiri penyerangan Portugal, menerima assist dari Renato Sanches. Setelah menerima assist dari Renato Sanches, Diogo Jota mengambil keputusan untuk mengeksekusi peluang tersebut.

Akan tetapi, eksekusi Diogo Jota masih belum sempurna dan melebar ke sisi kiri gawang Belgia kawalan kiper Real Madrid, Thibaut Courtois. Berselang satu menit kemudian, Belgia untuk pertama kalinya masuk ke kotak penalti Portugal.

Namun, upaya anak-anak asuh Roberto Martinez itu masih mampu diantisipasi oleh Pepe dkk. Saat laga memasuki menit ke-15, Belgia sempat mengambil alih penguasaan bola sebelum persentase menunjukkan angka 50 berbanding 50 pada pertengahan babak pertama.

Pada menit ke-25, Portugal kembali mendapatkan kesempatan emas yang kali ini tercipta lewat tendangan bebas. Sang megabintang, Cristiano Ronaldo, yang menjadi eksekutor mampu mengarahkan bola ke gawang Belgia.

Baca Juga :  Singkirkan Inggris, Italia Juara Euro 2020

Namun, kiper Belgia Courtois masih sigap dan mampu menepis bola hasil sepakan Cristiano Ronaldo. Setelah itu, Portugal kembali mengambil alih penguasaan bola, sedangkan Belgia tampak lebih menunggu untuk melancarkan serangan balik.

Ketika laga berjalan semakin sengit, Belgia memberi kejutan lewat aksi Thorgan Hazard. Winger Borussia Dortmund itu melancarkan sepakan jarak jauh yang tak mampu dihalau kiper Portugal, Rui Patricio.

Belgia pun unggul 1-0 pada menit ke-42, sedangkan Thorgan Hazard mengukir sejarah lewat golnya tersebut. Melansir Opta Franz, Thorgan Hazard menjadi pemain Belgia pertama yang berhasil mencetak gol dalam dua penampilan beruntun di pentas Euro.

Skor 1-0 untuk keunggulan Belgia kemudian bertahan hingga turun minum. Pada babak kedua, Belgia harus kehilangan salah satu pemain penting, Kevin De Bruyne.

De Bruyne ditarik keluar dan digantikan oleh Dries Mertens pada menit ke-48, setelah dirinya mengeluh kesakitan di tengah lapangan. Rasa sakit yang dialami De Bruyne tampaknya muncul setelah menerima tekel keras Joao Palhinha pada babak pertama.

Setelah Belgia menarik keluar De Bruyne, Portugal memasukkan Bruno Fernandes dan Joao Felix, menggantikan Bernardo Silva dan Joao Moutinho.

Pergantian pemain yang dilakukan pelatih Portugal, Fernando Santos, menunjukkan sinyal positif. Mereka mampu menciptakan peluang emas pada menit ke-58. Namun, peluang itu kembali gagal berbuah gol setelah sepakan Diogo Jota melambung tinggi di atas mistar gawang Belgia.

Tak lama setelah itu, Portugal kembali menciptakan peluang, kali ini lewat aksi pemain pengganti, Joao Felix. Penyerang muda Atletico Madrid itu berhasil memenangi duel udara dan menyundul bola ke arah gawang Belgia. Namun, sundulan Joao Felix masih bisa diantisipasi dengan sempurna oleh Courtois.

Baca Juga :  Sekretaris IPSI : Moh.Tasdik Tidak Pernah Calonkan Diri Jadi Ketua

Berselang dua menit kemudian, Belgia merespons lewat kerjasama antara Thorgan Hazard dan Romelu Lukaku. Setelah menerima assist dari Thorgan Hazard, Lukaku yang mengandalkan kekuatannya, berbalik badan dan langsung melancarkan sepakan dari luar kotak penalti.

Akan tetapi, sepakannya masih melambung tinggi di atas mistar gawang Rui Patricio. Menjelang 10 menit akhir babak kedua, sebagian besar lini tengah dan trisula Portugal diisi oleh para pemain pengganti. Hanya Cristiano Ronaldo yang tersisa.

Di sisi lain, Belgia belum memasukkan pemain pengganti sejak Dries Mertens masuk menggantikan Kevin De Bruyne yang cedera. Portugal yang seolah memiliki kekuatan baru terus mengepung pertahanan Belgia. Mereka bisa saja menciptakan gol penyeimbang jika sepakan Raphael Guerreiro tidak membentur tiang.

Setelah itu, Portugal belum menyerah. Mereka terus menggempur pertahanan Belgia dan berhasil menciptakan beberapa peluang. Namun, dari sederet peluang yang tercipta, Portugal tak kunjung mendapatkan gol penyeimbang. Kiper Belgia, Courtois, tampil gemilang sehingga mampu mementahkan setiap peluang yang diciptakan Portugal.

Alhasil, skor 1-0 untuk keunggulan Belgia bertahan hingga laga usai. Belgia berhak melaju ke perempat final Euro 2020, sedangkan Portugal harus tersingkir.

Belgia 1-0 Portugal (Thorgan Hazard 42′)

Susunan pemain Belgia vs Portugal:

Belgia (3-4-3): 1-Courtois (GK); 3-Vermaelen, 5-Vertonghen, 2-Alderweireld; 17-T Hazard (19-Dendoncker 90′), 6-Witsel, 8-Tielemans, 15-Meunier; 10-E Hazard (11-Carrasco 87′), 7-De Bruyne (14-Mertens 48′), 9-Lukaku. Pelatih: Roberto Martinez.

Portugal (4-3-3): 1-Patricio (GK); 20-Dalot, 4-Dias, 3-Pepe, 5-Guerreiro; 8-Moutinho (23-Felix 55′), 26-Palhinha (13-Danilo 78′), 16-Sanches (24-Oliveira 79′); 10-B Silva (11-Fernandes 55′), 21-Jota (9-A Silva 70′), 7-Ronaldo. Pelatih: Fernando Santos.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Hasil Belgia Vs Portugal – Setan Merah Susul Italia, Ronaldo dkk Tersingkir”, Klik untuk baca: https://bola.kompas.com/read/2021/06/28/04120148/hasil-belgia-vs-portugal-setan-merah-susul-italia-ronaldo-dkk-tersingkir?page=all.
Penulis : Benediktus Agya Pradipta
Editor : Tri Indriawati

Baca Juga :  Cristiano Ronaldo Ingin Meninggalkan Juventus

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry