Jelang Hari Pramuka, Ka Kwarcab Baubau Ziarah 12 Makam Tokoh Pramuka

44

SATULIS.COM, BAUBAU – Ketua Kwartir Cabang (Ka Kwarcab) Kota Baubau Dr. Roni Muhtar, M.Pd. bersama jajarannya, menziarahi 12 makam tokoh pramuka di Kota Baubau pada Kamis (12/8/2021). Ziarah ke 12 makam tokoh Pramuka yang tersebar di beberapa titik pemakaman ini, merupakan rangkaian kegiatan menjelang hari Pramuka Indonesia yang ke-60 tahun.

Dr. Roni Muhtar, M.Pd. yang juga selaku Sekretaris Daerah Kota Baubau saat ditemui usai mengikuti seluruh rangkaian ziarah tersebut mengungkapkan, ziarah ke 12 makam tokoh Pramuka tersebut merupakan salah satu kegiatan Kwarcab Baubau dalam rangka menyongsong hari Pramuka sebagai hari yang sakral bagi Pramuka Indonesia.

“Bulan Agustus adalah momentum sakral bagi perjalanan panjang sejarah perjuangan bangsa kita, karena pada bulan ini kita memperingati hari Kemerdekaan Negara kita. Seiring dengan itu, pada bulan Agustus ini juga ada hari yang sakral bagi Gerakan Pramuka Indonesia,” ujar Dr. Roni Muhtar.

- Advertisement -

Dalam rangkaian ini, Kwarcab Kota Baubau melaksanakan banyak kegiatan, dan salah satunya adalah dengan menziarahi 12 tokoh pramuka, mengirimkan Doa bagi arwah para tokoh agar ditempatkan di sisi Allah Subhanahu Wataala, ditempatkan di Surganya.

Sekda Kota Baubau ini juga menuturkan, mengenang hal-hal baik dan indah dari sepak terjang para tokoh Pramuka dalam rangka membesarkan nama Pramuka adalah suatu keharusan bagi kader. Untuk itu ia berharap, dengan ziarah ke 12 makam tokoh pramuka tersebut, spirit dalam berpramuka akan terus bangkit.

“Sebagai generasi muda tentu kita berharap, agar contoh-contoh yang baik dari para tokoh ini selama masih hidup dapat menjadi teladan bagi kita. Sehingga apa yang telah dilakukan oleh mereka pada masa hidupnya dengan segala tantangan dan permasalahan, kita bawah pada masa kini dan kita selaraskan dengan kondisi-kondisi saat ini,” tuturnya.

Baca Juga :  Kwarcab Kota Baubau Gelar Pelaksanaan Ulang Janji Pramuka di Batu Sori

Dr. Roni Muhtar menilai hal tersebut sebagai hal yang sangat penting bagi seluruh kader pramuka. Pasalnya, para tokoh pramuka tersebut cukup sukses dan besar pada zamannya. Menurutnya, dengan spirit dari para tokoh tersebut dapat menjadi motor penggerak dalam meraih kesuksesan bagi generasi masa kini.

“Tentu kita semua tahu bahwa para tokoh pramuka ini cukup sukses dan besar pada masanya, maka kita juga berharap agar sukses dan besar di zamannya kita. Kita juga memahami bahwa pertautan antara generasi itu sangat penting, karena dengan adanya pertautan antara generasi maka ada kesinambungan pembinaan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dr. Roni Muhtar mengungkapkan, mengetahu sejarah perjalanan kepramukaan di Kota Baubau sangat penting bagi para kader Pramuka. Menurutnya, dengan mengetahui sejarah tersebut komitmen, integritas serta tekad akan muncul dihatinya para kader pramuka sehingga harus ikut berperan aktif bagi kepentingan masyarakat Kota Baubau.

“Dengan itu, harapan kita semua, harapan para tokoh-tokoh yang telah mendahului kita untuk menjadikan Pramuka ini sebagai wadah dalam menghimpun diri dan mempelajari banyak hal demi kebaikan hidup serta masa depan betul-betul kita dapat kita wujudkan,” pungkasnya.

Dalam ziarah ke 12 makam tokoh Pramuka yang tersebar di beberapa titik pemakaman di Kota Baubau tersebut, Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kota Baubau Dr. Roni Muhtar, M.Pd. juga menyerahkan sejumlah cendera mata kepada ahli waris Almarhum. Penyerahan cendera mata tersebut langsung diserahkan di area pemakaman. (Adm)

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry