Pemkot Baubau Gelar Forum Satu Data Indonesia

37

SATULIS.COM, BAUBAU – Guna mewujudkan keterpaduan perencanaan pelaksanan, evaluasi dan pengendalian pembangunan di kota ini, Pemkot Baubau melalui Bappeda menyeleggarakan Forum Satu Data Indonesia (F-SDI) sebagai amanah dari Perpres No. 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Acara digelar di Aula Bappeda, Rabu, 25 Agustus 2021. Forum satu data Indonesia ini juga melibatkan unsur Forkompinda dan BPS Kota Baubau.

Sekretaris Daerah Kota Baubau Dr.  Roni Muhtar, M.Pd didampingi Kepala Bappeda Kota Baubau La Ode Aswad, S.Sos.,M.Si  yang membuka acara ini mengemukakan F-SDI sejatinya berjalan terjadwal dan terukur hingga validitas data benar-benar bersesuaian, update dan akurat.

- Advertisement -

“Data adalah aset yang harus kita jaga, kita terus lakukan update berdasarkan aturan perundang-undangan, dibuat arsitek kebijakan datanya dan bersifat interoperabialitas bagi semua pihak,” kata Roni Muhtar.

Turut memberikan saran pada kesempatan ini adalah Ketua Pengadilan Negeri Kota Baubau, mewakili Kapolres Baubau dan beberapa instansi terkait.

Sementara itu,  Kepala BPS Baubau Sudirman, SP., M.Si menyampaikan hal teknis tentang kewenangan data antara pembina data, wali data dan produsen data.

Sudirman juga mengonfirmasi terkait regulasi BPS, proses pemutakhiran dan metode data yang digunakan. “Intinya kota maksimalkan forum data ini, termasuk pemilahan tentang data primer, data sektoral dan data khusus.

Ditempat yang sama, Kepala Bappeda Baubau, La Ode Aswad, S.Sos, M.Si mendorong semua unit kerja Kota Baubau untuk memaksimalkan proses data dan verifikasinya unt dimanfaatlan bagi pelaksanaan pembangunan di Kota Baubau. (Adm)

Komentar
Baca Juga :  Pemkot Baubau Tandatangani Perjanjian Kerja Sama Dengan Bapas