Bupati Arusani Gelar Expo Pembangunan di Kecamatan Siompu, Ini Programnya

58

SATULIS.COM, BUTON SELATAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan (Busel) menggelar Expo 4 Tahun Bupati Buton Selatan, H.La Ode Arusani. Expo kali ini digelar di Kecamatan Siompu, Senin 8 November 2021.

Expo dihadiri langsung Bupati Buton Selatan, H.La Ode Arusani. Dalam arahannya, bupati mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama membangun daerah.

- Advertisement -

Dalam expo tersebut digelar pemutaran Video pembangunan yang telah dicapai dalam masa kepemimpinan Bupati Buton Selatan, H. La Ode Arusani selama 4 tahun terakhir.

Selain menjabarkan program pembangunan yang telah dilakukan, sejumlah program pun turut dihadirkan dalam expo 4 tahun pembangunan kali ini.

Diantaranya pertama program dari Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Buton Selatan berupa penyerahan motor untuk masjid dan penyerahan hibah gendang rebana untuk BKMT Kecamatan Siompu. Kedua program dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMDes) berupa penyerahan 10 unit motor untuk para kepala desa (Kades).

Ketiga program Dinas Pertanian berupa penyerahan benih terung dan pupuk untuk 10 kelompok tani dan penyerahan Kartu Tani kepada 10 petani. Keempat program dari Dinas Sosial berupa bantuan mesin jahit dan bantuan peralatan pembuatan kue.

Kelima program Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman berupa bantuan rumah swadaya sebanyak 30 unit. Keenam program dari Dinas Kebudayaan berupa penyerahan uang makan minum untuk kegiatan di baruga kepada lembaga adat dan gong senilai Rp 22,8 juta.

Ketujuh program Dinas Kelautan dan Perikanan berupa penyerahan Kartu Kusuka (Kartu Usaha Kelautan dan Perikanan) kepada 10 nelayan. Kedelapan Dinas Pendidikan berupa penyerahan bantuan TIK untuk 3 SD dan penyerahan Alat Permainan Elektronik (APE) untuk 5 TK.

Kesembilan program Dinas Kesehatan berupa penyematan tanda Duta Vaksin kepada 5 orang. Kesepuluh penandatangan prasasti peresmian air minum kemasan Oenalia BUMdes Wakinamboro.

Baca Juga :  DPRD Busel Minta Kehutanan Tindak Tegas Pembalak Liar

Kesebelas program Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian, berupa penyerahan bantuan benang tenun untuk 8 kelompok sebanyak 6.000 gulung, 10 unit cool box, 10 payung jualan, 20 etalase, 3 unit kompresor, dan 8 unit gerobak jualan.

Kedua belas program dari Dinas Pariwisata berupa pelantikan Pokdarwis enam desa, masing-masing Desa Tongali, Kaimbulawa, Wakinamboro, Lontoi, dan Desa Nggulanggula. Selain itu juga penyerahan SK Desa Wisata kepada Desa Kaimbulawa, Waindawula, Tongali, Karae, wakinamboro, dan Biwinapada. (Adm)

Komentar