Resmi Beroperasi Kapal Cantika Lestari, Bawa Misi Sosial Ke Masyarakat

336
Ketgam : Bupati Wakatobi H Haliana SE saat meresmikan pelayaran perdana KM cantik lestari 8F . Foto : Arjuno/ Satulis.com

SATULIS.COM, WAKATOBI- Kapal murah Cantika Lestari 8f akhirnya resmi beroperasi melayani rute Wakatobi-Butur- Kendari, Jum’at (21/1/2022). Kehadiran kapal murah tersebut merupakan bentuk komitmen Bupati Wakatobi Haliana untuk merealisasikan janji politiknya pada masa kampanye pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.

Disamping itu kehadiran Kapal Cantik Lestari 8F di Wakatobi juga membawa misi sosial dengan memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat Wakatobi, dengan menetapkan harga tiket relatif murah yakni untuk masyarakat umum sebesar Rp 170 ribu rupiah sementara untuk mahasiswa Rp125 ribu dengan rincian Rp120 ribu untuk harga tiket, dan Rp5 ribu untuk biaya asuransi, hanya dengan syarat menunjukkan kartu identitas mahasiswa yang masih berlaku/aktif.

- Advertisement -

“Berdasarkan Pergub nomor : 80 tahun 2014 sebesar Rp 195 ribu. Komitmen pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan kapal murah di kabupaten Wakatobi sehingga kita memberikan diri bahwa untuk sewa sesuai janji kita Rp 125 ribu kita terapkan di seluruh mahasiswa begitu juga dengan pelajar,” ungkapnya.

“Untuk tidak jauh berselisih dengan yang di tetapkan oleh provinsi maka ditetapkan Rp 170, tetapi 170 ini tidak seluruhnya di terima oleh perusahaan karena di situ ada komponen asuransi sebesar Rp 5 ribu, sehingga yang keperusahaan 165 ribu,” jelasnya Bupati Wakatobi H Haliana SE saat melaunching pengoperasian kapal murah dalam rangka mewujudkan merdeka emas.

Tak sampai di situ saja untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, kapal Cantika Lestari 8F juga menetapkan tarif pada penitipan barang hanya Rp10 ribu sampai Rp20 ribu saja serta menggratiskan pengangkutan jenazah dan orang sakit, serta empat orang pengantar seperti yang telah dilakukan juga oleh Motor Vessel (MV) Cantika Anugrah atau yang dikenal Wakatobi Sentosa rute Wanci-Pasar Wajo (Buton). Khusus yang sakit cukup menunjukkan surat rujukan

Baca Juga :  Warga Resah, Aktifitas AMP PT Golden Prima Diduga Cemari Lingkungan

“Kehadiran kapal murah ini harus memberi solusi bagi seluruh masyarakat Wakatobi,” harapnya.

Di kesempatan yang sama Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Wakatobi Hariadin menyatakan, saat ini sarana angkutan laut yang melayani lintasan Wanci-WaOde Buri-Kendari ataupun sebaliknya masih sangat terbatas dan jadwal keberangkatannya pun belum setiap hari. Sementara tuntutan akan pelayanan jasa transportasi khususnya angkutan laut terus meningkat.

Maka untuk memenuhi tuntutan itu, lanjutnya Pemda Wakatobi pada tanggal 8 Juli 2021 telah menerbitkan rekomendasi rencana pengoperasian kapal yang diajukan oleh Perseroan Terbatas (PT) Pelayaran Dharma Indah (PDI), yakni Km Cantika Lestari 8F dan KM Cantika Lestari 9F trayek Wanci-Waode Buri-Kendari serta KM Cantika Anugerah TRAYEK Wanci-Pasarwajo (Buton).

Penetapan tarif penumpang mengacu kepada Pergub Provinsi Sultra Nomor 80 Tahun 2014, tentang penetapan tarif angkutan laut penumpang kelas ekonomi lintas Kabupaten/Kota dalam wilayah Provinsi Sultra. Yakni Kendari-Wanci sebesar Rp195 ribu untuk penumpang umum sementara PT PDI menetapkan tarif sebesar Rp170 ribu untuk penumpang umum dan untuk penumpang mahasiswa/pelajar sebesar Rp125 ribu dengan catatan menunjukan kartu pelajar dan kartu mahasiswa yang masih berlaku.

Lebih lanjut dirinya menegaskan bahwa kehadiran Cantik Lestari 8F dan Cantik Anugrah merupakan investasi dan tidak membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) atau tidak disubsibdi oleh Pemda Wakatobi.

Untuk ketahui Kapal Motor (KM) Cantika Lestari 8F yang memiliki sistem 100 persen full elektrik, dan melayani rute Wanci-Waode Buri Buton Utara (Butur)-Kendari pada hari Senin, Rabu dan Jumat. Sementara untuk rute dari Kendari-Waode Buri-Wanci setiap hari Selasa, Kamis dan Minggu setiap pukul 09.30 Wita (Pagi), berlabuh di Pelabuhan Nusantara.

Serta kapal tersebut memiliki panjang sekira 70 meter dengan lebar sekira 9,5 meter, dan memiliki tiga dek. Dimana di dek satu dan dua untuk kelas ekonomi yang dimanjakan dengan fasilitas full Air Conditioner (AC), sehingga memberi kenyamanan terhadap penumpang. Sementara di dek tiga terdapat kamar Very Very Important Person (VVIP) dan kamar Very Important Person (VIP). (Adm)

Baca Juga :  Terungkap, Mantan Dirut PDAM Wakatobi Beli Rumah Pakai Uang Kas

Penulis : Arjuno

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1