Haliana Komitmen Tuntaskan Janji Politik

186
Ketgam : Bupati Wakatobi, Haliana saat membawakan sambutan di Musrenbang tingkat kecamatan di Pulau Kaledupa, Kamis (03/03/2022). Foto: Arjuno/SATULIS.COM

SATULIS.COM, WAKATOBI – Bupati Wakatobi, Haliana menegaskan komitmennya untuk menuntaskan semua janji politiknya saat Pilkada lalu. Hal itu diungkapkan Haliana saat menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun anggaran 2023 tingkat Kecamatan.

“Semua janji (program unggulan) Insaallah harus terlaksana. Karena itu komitmen yang sudah diterjemahkan ke dalam RPJMD 2021-2026, harus dipastikan berjalan dengan baik, karena menyangkut kebutuhan dasar masyarakat yang kemudian di singkronkan dengan kebijakan daerah,” beber Haliana dihadapan warga di Pulau Kaledupa, kemarin.

Untuk memenuhi janji politiknya itu, Haliana meminta kepada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar dapat mengoptimalkan anggaran yang ada secara efisien. Terlebih di masa Pandemi Covid-19 ini, ekonomi tengah mengalami kontraksi yang luar biasa.

- Advertisement -

“Prioritaskan untuk kepentingan masyarakat (terutama pemenuhan kebutuhan dasar), sekaligus sebisa mungkin menyiapkan stimulus untuk menggerakkan perekonomian daerah, terutama untuk menggerakkan ekonomi rakyat dan UMKM,” ungkapnya.

Musrembang yang digelar selama 4 hari itu dimulai dari 1-4 Maret 2022. Selama 4 hari, Haliana berkeliling untuk mendengarkan dan menjemput langsung apa yang menjadi aspirasi masyarakat. Perjalanan dimulai dari Pulau Binongko, Tomia, Kaledupa dan berakhir di Pulau Wangi-Wangi.

Meski harus berkeliling pulau dengan menggunakan kapal viber, Haliana yang didampingi rombongan OPD tak pernah absen. Dengan cermat Ia mendengarkan langsung keluh kesah warganya. Dan selanjutnya memberikan solusi.

Ketgam : Bupati Wakatobi, Haliana saat membawakan sambutan di Musrenbang tingkat kecamatan di Pulau Kaledupa, Kamis (03/03/2022). Foto: Arjuno/SATULIS.COM

Selain itu, Musrenbang yang dilaksanakan tersebut juga untuk menjabarkan perencanaan tahun ke-2 pelaksanaan RPJMD Kabupaten Wakatobi Tahun 2021-2026. Dengan mewujudkan Visi Pemerintah Kabupaten Wakatobi yaitu wakatobi menjadi kabupaten konservasi maritim yang sentosa.

Sedangkan Misi-nya, mengembangkan kualitas manusia, pemberdayaan ekonomi masyarakat untuk pertumbuhan yang berkualitas, optimalisasi pelayanan publik, mengembangkan infrastruktur dan mengembangkan pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan.

Baca Juga :  Ribuan Personil TNI/Polri Amankan Wakatobi

“Visi dan Misi tersebut dibangun atas dasar pondasi agama, budaya dan ilmu pengetahuan dalam rangka membangun peradaban Wakatobi yang lebih berkelanjutan, cerdas, sehat, sejahtera, dan religius,” urainya.

Berikut jumlah usulan masyarakat di masing-masing kecamatan:

  • Kecamatan Wangiwangi mengusulkan 69 usulan, tercatat sebanyak 57 usulan yang diteruskan ke forum OPD;
  • Kecamatan Wangiwangi Selatan (Wangsel) mengusulkan 43 usulan, tercatat sebanyak 30 usulan yang diteruskan ke forum OPD;
  • Kecamatan Kaledupa mengusulkan 30 usulan, tercatat sebanyak 21 usulan yang diteruskan ke forum OPD;
  • Kecamatan Kaledupa Selatan mengusulkan 46 usulan, tercatat sebanyak 40 usulan yang diteruskan ke forum OPD;
  • Kecamatan Tomia mengusulkan 25 usulan, tercatat sebanyak 23 usulan yang diteruskan ke forum OPD;
  • Kecamatan Tomia Timur mengusulkan 70 usulan, tercatat sebanyak 65 usulan yang diteruskan ke forum OPD;
  • Kecamatan Binongko mengusulkan 57 usulan, tercatat sebanyak 53 usulan yang diteruskan ke forum OPD;
  • Kecamatan Togo Binongko mengusulkan 58 usulan, tercatat sebanyak 57 usulan yang diteruskan ke forum OPD.

Penulis : Arjuno
Editor : Hariman

Komentar
1