Kapolres Baubau dan Dandim Buton Apresiasi Terbentuknya RGPI

168
Ketgam : Kapolres Baubau, AKBP Erwin Pratomo saat menyampaikan pidatonya didepan penggurus Rajawali Garda Pemuda Indonesia (RGPI) di alun-alun Kotamara, Sabtu (26/03/2022). Foto : Firman/SATULIS.COM.

SATULIS.COM, BAUBAU – Organisasi Rajawali Garda Pemuda Indonesia (RGPI) belum berusia setahun sejak terbentuk. Tapi, RGPI sudah memiliki pengurus yang dilantik di beberapa provinsi dan kabupaten/kota.

Untuk pengurus Dewan Pimpinan Koordinator Wilayah (DPKW) Sulawesi Tenggara (Sultra) dan DPW RGPI kabupaten/kota di Sultra juga baru menjalani proses pelantikan, Sabtu (26/03/2022) yang digelar di alun-alun Kotamara, Kota Baubau.

Dalam proses pelantikan itu, Kapolres Baubau, AKBP Erwin Pratomo dan Dandim 1413/Buton, Letkol Arm. Muhammad Faozan diberi kesempatan untuk memberikan sambutannya dihadapan Ketua Umum RGPI, Danil Hidayat dan seluruh pengurus DPKW Sultra dan DPW kabupaten/kota se Sultra.

- Advertisement -

Dalam sambutannya, kedua pimpinan tertinggi TNI/Polri di Baubau dan wilayah Kodim 1413/Buton itu kompak berharap agar organisasi sebesar RGPI dapat menjaga kebhinekaan dan dapat mengayomi masyarakat.

Letkol Arm Muhammad Faozan melihat, RGPI merupakan suatu organisasi yang berbeda. Setelah melihat sejarah terbentuknya RGPI, Faozan menilai terdapat toleransi terhadap perbedaan pendapat yang dihadapkan dengan kultur dan nilai-nilai sejarah yang ada pada bangsa, dengan tidak mengurangi jiwa persatuan.

Toleransi dan nilai-nilai leluhur yang diadopsi dari Bhineka Tunggal Ika itu menjadi modal dasar RGPI agar semakin konsisten dalam mewarnai kehidupan bernegara.

“Saya berharap RGPI tidak hanya sebagai momentum sesaat, tetapi RGPI menjalar di seluruh Indonesia, sampai tujuan nasional betul-betul tercapai,” beber Muhammad Faozan.

Sementara, Kapolres Baubau, AKBP Erwin Pratomo melihat didalam visi-misi RGPI juga banyak berpihak kepada kepentingan masyarakat, khususnya masyarakat lemah. Hal tersebut selaras dengan program pemerintah.

“Serta sesuai dengan tugas pokok kami. Olehnya, diharapkan RGPI juga berperan mengayomi dan melindungi masyarakat,” tutur Erwin.

Mantan Kapolres Konawe Selatan (Konsel) itu mengajak seluruh pengurus RGPI se Sultra untuk bersinergi menciptakan dan memelihara situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif.

Baca Juga :  Kapolres Baubau Cek Pos Pengamanan Operasi Lilin Anoa

“Selain itu, saya yakin RGPI mampu mendukung peningkatan herd immunity dan percepatan pemulihan ekonomi nasional. Khususnya di Sultra, dengan program strategisnya mendampingi masyarakat dan mengembangkan UMKM sehingga perekonomian pulih dan mandiri,” pungkas Erwin.

Penulis : Firman
Editor : Hariman

Komentar