Optimis Menangkan Pemilu, PKN Sultra Gaungkan Umar Samiun Gubernur

628
Ketgam : Kepala Pimpinan Daerah Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Samsu Umar Abdul Samiun didampingi Hayani Imbu (Sekretaris) dan Pimpinan Cabang PKN kab/kota di Sultra berpose bersama usai mengikuti rapat kerja virtual dalam rangkap persiapan verifikasi parpol. (FOTO : ISTIMEWA) (Adm)

SATULIS.COM, BAUBAU Selain yakin lolos verifikasi faktual, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) juga optimis akan menjadi partai pemenang dalam perhelatan Pemilu Caleg di  Sulawesi Tenggara (Sultra), baik itu tingkat Kabupaten/Kota, maupun tingkat Provinsi.

Optimisme itu diungkapkan sejumlah Pimpinan Daerah (Pimda) usai mengikuti rapat kerja nasional secara virtual yang dipimpin langsung Gede Pasek Suardika (GPS) selaku Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Rabu (11/05/2022).

Rapat kerja dirangkaikan dengan penyerahan SK Pimda 17 Kabupaten/Kota se-Sultra oleh Kepala Pimpinan Daerah (Kapimda) PKN Sultra, Samsu Umar Abdul Samiun SH.

- Advertisement -

Ketua Pimpinan Daerah (Pimda) Kabupaten Kolaka, Muh Faisal Manoman mengatakan, pihaknya telah siap mengikuti pendaftaran maupun verifikasi faktual di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Tidak ada kendala berarti.

Ketgam : Ketua Pimda PKN Kabupaten Kolaka, Muh Faisal Manoman menerima SK Kepengurusan yang diserahkan langsung oleh ketua Kapimda Sultra, Samsu Umar Abdul Samiun SH, Rabu (11/05/2022)

“Target insya Allah setiap dapil 1 kursi. Kami di Kolaka ada 4 dapil,” ungkap Muh Faisal Manoman.

Menurutnya, target minimal 1 kursi pada setiap dapil bukan hal yang muluk. Terlebih, hal itu pernah dicapainya saat memimpin PPRN dan Partai Hanura di Kolaka. Keyakinan memperoleh satu fraksi makin diperkuat dengan kepemimpinan Umar Samiun yang dianggapnya sangat luar biasa.

“Siapa yang tidak kenal figur Umar Samiun, apa yang dilakukan beliau (Umar Samiun) sangat luar biasa. Beliau membangun PKN atas dasar kebersamaan dan kekeluargaan. PKN akan menang dalam Pemilu Caleg lalu mendorong Umar Samiun untuk Gubernur,” tegasnya.

Demikian ditegaskan Muh Yahya, Ketua Pimda Kota Kendari dan Alif Ardin SH selaku ketua Pimda Konawe. Keduanya optimis dapat meraih satu kursi untuk setiap dapil diwilayahnya. Dengan begitu, kedepan PKN dapat mengusul calon kepala daerah (Kada) sendiri.

Ketgam : Ketua Pimda PKN Kota Kendari, Muh Yahya di dampingi sekretaris menerima SK Kepengurusan yang diserahkan langsung oleh ketua Kapimda Sultra, Samsu Umar Abdul Samiun SH, Rabu (11/05/2022)

“Tidak ada kendala dalam verifikasi. Kota Kendari ada 5 dapil dan kita target dapat 1 kursi setiap dapilnya,” kata Muh Yahya.

Baca Juga :  Bersama Bupati Buton, Gubernur Sultra Lanjutkan Pembicaraan Aspal Buton dengan Kepala BKPM di Jakarta

“Satu kursi setiap dapil. Kami optimis rebut ketua DPRD. Begitu juga untuk DPRD Sultra, kami jaminkan satu kursi dari dapil Konawe untuk mengawal persiapan Umar Samiun jadi Gubernur Sultra,” timpal Alif Ardin SH.

Ditempat yang sama, Ketua Pimda Kabupaten Buton Tengah (Buteng) H Ali Jannah mengungkapkan rasa syukur atas amanah yang diberikan.

“Alhamdulillah syukur diberi amanah mengibarkan PKN di Buteng,” kata Ali Jannah.

Lebih lanjut Ali Jannah menambahkan, PKN termasuk Partai baru dalam kancah perpolitikan di Indonesia, namun mulai dilirik berbagai kalangan untuk bergabung menjadi Simpatisan, Kader maupun menjadi Pengurus.

Ketgam : Ketua Pimda PKN Kabupaten Konawe Alif Ardin SH menerima SK Kepengurusan yang diserahkan langsung oleh ketua Kapimda Sultra, Samsu Umar Abdul Samiun SH, Rabu (11/05/2022)

Lanjut mantan Ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Baubau ini, PKN di Inisiator dua Tokoh Politik terkemuka di Indonesia. Yakni mantan Ketua umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dan Gede Pasek Suardika yang juga adalah Eks Sekjen DPP Partai Hanura. Di Sultra sendiri, di ketuai Umar Samiun yang merupakan mantan Ketua DPW PAN Sultra.

Sementara itu, Ketua Pimda PKN Kota Baubau, Odianov Chaliullah Almondo mengaku siap menerima amanah, membesarkan dan mengibarkan panji-panji PKN di Kota Baubau.

“Sekarang sudah resmi menjabat dan SK diserahkan langsung Kapimda bapak Umar Samiun,” kata dia.

Ketgam : Ketua Pimda PKN Kabupaten Buton Tengah, H Aku Jannah menerima SK Kepengurusan yang diserahkan langsung oleh ketua Kapimda Sultra, Samsu Umar Abdul Samiun SH, Rabu (11/05/2022)

Lebih lanjut Almondo menambahkan, ada tiga tahapan yang harus dilalui PKN. “Sekarang PKN ini ada tiga etape. Pertama kita lolos di Kemenkumham, sudah sah menjadi partai politik,” ujarnya.

Baca Juga :  Pisah Sambut Kakanwil Kemenkumham, Ini Harapan Gubernur Sultra

Kedua lanjutnya, sedang mempersiapkan struktur partai untuk verifikasi faktual ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ketiga bersiap diri menjadi peserta Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif 2024.

“Etape ketiga kami nanti setelah lolos peserta pemilu mempersiapkan suara dari rakyat. Kami mempersiapkan kader-kader terbaik dalam kontestasi 2024,” tutupnya.

Kapimda Sultra, Umar Samiun yang dikonfirmasi usai kegiatan menjelaskan jika nantinya PKN menjadi peserta pemilu dan dinyatakan lolos verifikasi, energi akan difokuskan untuk mempersiapkan agenda menghadapi perhelatan politik baik ditingkat nasional maupun di tingkat provinsi dan kab/kota.

Ketgam : Ketua Pimda PKN Kota Baubau Odianov Chaliullah Almondo menerima SK Kepengurusan yang diserahkan langsung oleh ketua Kapimda Sultra, Samsu Umar Abdul Samiun SH, Rabu (11/05/2022)

Secara nasional PKN menargetkan dapat mendulang batas suara minimal partai politik dalam pemilihan umum untuk ikut dalam penentuan perolehan kursi di DPR. Perolehan suara diharapkan mencapai ambang batas parlemen (parlementiary treshold) minimal 4 persen.

Disaat bersamaan juga, ditingkat provinsi PKN memiliki ambisi besar meraih minimal 1 fraksi di Sultra. Hal itu menjadi komitmen besar PKN Sultra agar dapat mengusung calon gubernur dalam pemilihan serentak 2024 mendatang.

Sebagai Kepala Pimpinan Daerah (Kapimda) PKN Sultra, Samsu Umar Abdul Samiun sangat optimis meraih kemenangan baik fokus dalam pemilihan calon anggota legislatif maupun pada pemilihan gubernur dan bupati/walikota di Sulawesi Tenggara.

“Saya sendiri sudah siap maju dalam pemilihan Gubernur Sultra,” tegas Umar Samiun.

Sekadar diketahui, PKN mengklaim dari 514 kab/kota dan 34 provinsi yang mengajukan batas minimum pembentukan dengan syarat minimal 75 persen kepengurusan sudah terpenuhi.

Saat ini PKN fokus dalam proses perampungan termasuk untuk tingkat kecamatan. Keanggotaan yang diperkirakan mencapai 300 ribu dengan asumsi 1/1000 dari jumlah penduduk pada kepengurusan parpol kabupaten/kota dibuktikan dengan kepemilikan kartu tanda anggota (KTA) juga sudah dalam proses. (Adm)

Komentar