KKP Salurkan Bantuan ke Nelayan Wakatobi, Totalnya Puluhan Milyar

176
Ketgam: Suana penyerahan bantuan KKP RI kepada para pembudaya oleh Bupati Wakatobi, Haliana bersama Direktur Pakan dan Obat Ikan KKP RI, Ujang Komarudin ( sebelah Kiri Bupati Wakatobi). Foto: Arjuno/ SATULIS.COM

SATULIS.COM, WAKATOBI – Dalam rangka memperingati Hari Laut Sedunia (World Ocean Day/WOD) yang jatuh pada 8 Juni 2022 dimanfaatkan dengan baik oleh Pemda Wakatobi. Apalagi bertepatan dengan pelaksanaan kegiatan GTRA Summit 2022 pada tanggal 9 Juni 2022 di Kabupaten Wakatobi. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pun memberikan puluhan bantuan perikanan kepada nelayan Wakatobi.

Bantuan tersebut diserahkan melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya bersama Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung, Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Takalar, Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Lombok, Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Batang dan BPBL Ambon KKP RI langsung menyalurkan bantuan benih ikan dari KKP.

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Bupati Wakatobi, Haliana yang kemudian diserahkan kepada kelompok pembudidaya ikan di Wakatobi. Bantuan tersebut diantaranya benih ikan kakap putih, benih ikan nemo (Clown Fish) untuk restocking, benih dan sarana budidaya rumput laut untuk Program Kampung Perikanan Budidaya Rumput Laut, serta Keramba Jaring Apung (KJA).

- Advertisement -

“KKP RI memiliki salah satu program prioritas yaitu bantuan kepada masyarakat, salah satunya adalah benih dan bibit juga sarana untuk kegiatan budidaya,” ujar Direktur Pakan dan Obat Ikan KKP RI, Ujang Komarudin, Senin (06/06/2022).

Dikatakan, bantuan tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan dari KKP, khususnya untuk para pembudidaya ikan dan rumput laut di Kabupaten Wakatobi. Selain itu, bantuan tersebut juga sekaligus menjadi salah satu upaya untuk menjaga kelestarian populasi ikan di Wakatobi, khususnya ikan kakap putih.

“Tahun ini juga Pak Menteri akan melaunching kampung rumput laut di Wakatobi. Jadi, ini merupakan hal yang luar biasa dari KKP. Mudah-mudahan dukungan kami bisa menambah semangat para pembudidaya di sini. Terkait dengan Wakatobi sebagai Kabupaten Konservasi,” paparnya.

Baca Juga :  Pelantikan Pejabat Cacat Hukum, KASN Tegur Bupati Wakatobi

Di kesempatan yang sama, Bupati Wakatobi, Haliana menyatakan bantuan dari KKP bukan hanya bantuan dalam jangka pendek atau hanya untuk mengisi kegiatan GTRA Summit. Terapi partisipasi KKP sangat luar biasa dengan memberikan bantuan yang mencapai puluhan jenis bantuan dengan total anggaran RpRp.36.063.530.387,00.

Bantuan tersebut meliputi, cool box 30 unit, chest freezer 4 unit,
Gemarikan 300 paket, alat penangkapan ikan 150 unit, kapal fiber 1 unit, mesin tempel 1 unit, mesin ketinting 1 unit, benih ikan kakap putih sebanyak 40 ribu ekor, benih ikan nemo sebanyak 8 ribu ekor, kebun bibit rumput laut, 3 unit kendaraan roda 3 pengangkut, 20 unit jaring/waring, pelampung rumput laut dari batok kelapa, bantuan pendidikan dan bantuan pengembangan sumberdaya manusia kepada Pemda Wakatobi.

Lebih lanjut, politisi PDIP menegaskan kepada seluruh penerima agar bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dan dijaga dengan sebaik-baiknya. Sehingga, bisa di memproduksi dengan baik dan mendatangkan pendapatan yang maksimal.

“Saya juga mengharapkan kepada Dinas Perikanan agar bisa melakukan pendampingan dengan sebaik-baiknya dan di awasi secara terus-menerus. Jangan sampai setelah kita berikan tidak di jaga secara baik, sehingga tidak ada manfaatnya,” pungkasnya.

Penulis : Arjuno
Editor : Hariman

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry