PDAM Tirta Semerbak Berbenah, Sasar Perbaikan Zona Per Zona

12
Ketgam : Walikota Baubau, La Ode Ahmad monianse melakukan uji coba air bersih di Kelurahan Sukanayo

SATULIS.COM, BAUBAU – Sorotan Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse terhadap kinerja PDAM Tirta Semerbak Kota Baubau dalam kurun waktu terakhir, langsung ditanggapi oleh PDAM Kota Baubau dengan melakukan perubahan perbaikan pelayanan secara bertahap.

Sebagai langkah awal, PDAM Tirta Semerbak Kota Baubau, melakukan perbikan pada zona tiga, yakni pulau Makasar. Aksi itu ditandai dengan melakukan Launching penggunaan air bersih di Kelurahan Sukanayo, Kecamatan Kokalukuna pada Kamis (26/05/2022) lalu. Kegiatan itu dibuka langsung oleh Walikota Baubau, La Ode Ahmad Monianse bersama Asisten II Setda Kota Baubau sekaligus ketua pembina Dewan Pengawas PDAM Kota Baubau Ibnu Wahid, ST MM dan Direktur PDAM Kota Baubau Jemy Hersandy, SE beserta jajaran.

Orang nomor satu di Kota Baubau ini mengakui, untuk bisa menyempurnakan tidak segampang yang dibayangkan. Oleh karena itu, berbekal pengalaman memimpin PDAM selama 10 tahun jadi direktur PDAM Kabupaten Buton dan Wakatobi, Monianse banyak mengetahui seluk beluk kerja PDAM. Maka pihaknya ingin berbagi pengalaman dengan jajaran PDAM Kota Baubau.

- Advertisement -

Menurut Monianse, perlu kerja keras yang sangat berat bagi PDAM Tirta Semerbak untuk memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat Kota Baubau. Namun hal itu akan tercapai dengan melakukan perbaikan secara terarah, semisal Zona per zona.

Apalagi untuk daerah zona 3 yakni Pulau Makasar, merupakan daerah terisolasi dari layanan PDAM. Sehingga mesti ada satu jaringan khusus yang datang di suplai oleh satu sumber tersendiri.

”Itu yang kita perbaiki. Alhamdulillah sudah ada statemen resmi dari PDAM Kota Baubau, bahwa kalau tadinya sekali seminggu airnya mengalir, maka hari ini setiap dua hari, sehingga bisa tiga kali seminggu,” kata Monianse.

Baca Juga :  Bongkana Khopo, Ritual Adat Ungkapan Rasa Syukur Masyarakat Kapontori
Ketgam : Walikota Baubau, La Ode Ahmad Monianse memberikan sambutan pada peresmian air bersih di Kelurahan sukanayo

Menurut Monianse, hal itu merupakan sebuah lompatan yang sangat baik. Tentunya secara bertahap akan di upayakan, sampai dengan setiap hari walaupun tidak 24 jam, namun setiap hari ada perubahan-perubahan yang diberikan. Atas perubahan itu, Walikota Baubau memberikan apresiasi dan berharap apa yang telah dilakukan terus berkelanjutan.

Ditambahkan, dalam beberapa hari lalu pihaknya agak keras dengan kepala PDAM Baubau. Sebab memang hal itu merupakan harapan besar masyarakat dan ternyata bisa direspon dengan baik. Oleh sebab itu,perubahan akan dibuat per zona yakni, pertama, dicanangkan di zona tiga Pulau Makassar dan hal itu telah dilakukan.

Kemudian dilanjutkan pada wilayah zona 1. Sama halnya pada Zona tiga, juga akan menjaga terus kontuinitas, kualitas dan jumlah suplai, termaksud jam tayangnya. Kemudian sumber air batu poopi wilayah Baadia dan sekitarnya juga mendapat perhatian dari PDAM Baubau. Sehingga, dengan 3 zona ini saja, sudah bisa bertanggungjawab kepada masyarakat.

“Memang tidak mudah mengalirkan air untuk satu Kota Baubau, tapi bukan berarti tidak bisa. Sangat mudah untuk membuat perubahan di zona tertentu, sehingga kalau ada demonstrasi dari masyarakat, maka bagaimana PDAM tinggal mengambil sampel Pulau Makassar. Bahwa tadinya sekali seminggu mengalir airnya, sekarang sudah tiga kali seminggu,” jelas Monianse.

“Itu sudah menjadi sebuah bentuk pertanggungjawaban kita bahwa kita tidak tinggal diam, kita tidak duduk. Karena nanti pada akhirnya yang akan disoroti itu saya sebagai penanggungjawab di Kota Baubau. Dan saya agak keras dengan direktur PDAM bukan jengkel tapi harus dipahami bahwa itu adalah bagian dari upaya kita untuk mendorong upaya perbaikan PDAM Kota Baubau,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, sehubungan dengan pelayanan air bersih, tentu belum bisa 100 persen maksimal. Namun,paling tidak ada perubahan durasi yang tadinya airnya mengalir sekali seminggu, menjadi 3 kali seminggu. Dan diharapkan akan terus terjaga termaksud juga salah satu cara untuk menjga itu adalah memberikan dukungan kepada PDAM yakni dengan salah satu dukungan itu membayar air PDAM. Sehingga, nantinya PDAM bisa meningkatkan gairah kerja, komitmennya juga membangun PDAM dengan memberikan pelayanan terbaiknya juga buat masyarakat ini akan menjadi lebih baik juga.

Baca Juga :  Terapkan Pelayanan Prima, PDAM Baubau Gerak Cepat Tangani Keluhan Pelanggan

La Ode Ahmad Monianse berkeinginan agar pelayanan PDAM se Kota Baubau akan terjadi perubahan secara berkelanmjutan dimana sudah mulai dicanangkan pada bulan ini di 3 zona termaksud yang diprioritaskan zona 3 pulau makassar yang akan dilihat tersendiri sehingga gampang di kontrol.

Selain itu, karena tersendiri jangan sampai sunyi sebab berada di tengah-tengah kota yang ramai dikarenakan berbeda pelayanan. Karena itu, diupayakan tidak ada sekat-sekat dimana pun warga kota berada tetap mendapatkan pelayanan yang sama dan rata serta mendapat perhatian yang sama dari pemerintah.

“Jangan karena terlepas sendiri lantas tidak mendapat perhatian.Ini adalah bentuk perhatian dari Pemkot Baubau agar apa yang dirasakan oleh teman-teman kita yang diseberang didaratan besar sama dengan apa yang dirasakan di pulau makassar sebab kita menjadi satu kesatuan yang utuh,” pungkasnya. (adm)

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry