Tebang Pohon di Poros Kalia-Lia, Listrik se-Kota Baubau Padam

3267
Ketgam: Tampak pohon yang ditebang warga menimpa tiga Tiang listrik di Jalan Poros Kalia-Lia dan menyebabkan listrik se-Kota Baubau padam, Senin (13/06/2022). Foto: Ist

SATULIS.COM, BAUBAU – Sedikitnya tiga tiang listrik di jalan poros Kalia-lia, Kecamatan Lealea, Kota Baubau, tumbang tertimpa pohon kapuk yang ditebang oleh warga, Senin (13/06/2022) sore sekira pukul 15.39 Wita. Akibat kejadian itu, terjadi pemadaman listrik di seluruh wilayah Kota Baubau.

Berdasarkan keterangan pemilik lahan, Gafaruddin (42), mengatakan, saat itu pihaknya sedang melakukan pembersihan lahan dan meminta kerabatnya untuk menebang pohon kapuk yang berada di dalam lokasi kebun miliknya.

“Pada saat penebangan, saya masih berada di Baubau. Setelah saya tiba di lokasi, sudah dua pohon yang ditebang dan pohon yang ketiga tidak disangka-sangka tumbangnya mengenai kabel listrik,” bebernya.

- Advertisement -
Ketgam: Tiang listrik yang tumbang akibat tertimpa pohon yang ditebang warga Lowu-Lowu, Senin (13/06/2022). Foto: Ist

Hal yang sama diungkapkan Lambae (45), pelaku penebang pohon yang diketahui merupakan Warga Lowu-lowu. Menurutnya, sebelum pohon ditebang, arah tumbangnya pohon, condong ke sebelah timur, lokasi yang aman bila pohon jatuh.

“Namun setelah di tembang, ternyata mengarah ke kabel listrik hingga mengakibatkan tumbangnya tiang listrik,” ungkapnya.

Sementara itu, PT PLN (Persero) UP3 Baubau melalui humasnya membenarkan. Dijelaskan, terjadi gangguan operasional Jaringan Tegangan Menengan (JTM) Sistem Baubau – Poros Baubau – Wakalambe akibat adanya pohon yang ditebang oleh warga dan menimpa jaringan PLN, sehingga terjadi gangguan pasokan listrik di Sistem Kelistrikan Baubau.

Ketgam: Petugas PLN tengah memperbaiki jaringan listrik yang terputus akibat pohon yang ditebang menimpa tiang listrik, Senin (13/06/2022). Foto: Ist

Saat ini PLN sementara berusaha dan bergerak cepat melakukan pemulihan dan penormalan sistem kelistrikan secara bertahap.

“Kami memohon maaf kepada seluruh pelanggan yang terdampak gangguan pasokan listrik. Terima kasih atas dukungan dan kerjasama pelanggan selama ini kepada PLN,” tutupnya.

Sampai berita ini dirilis, pihak PLN Kota Baubau terus berupaya dan sedang bekerja menganti/menyambung kabel yang putus agar listrik kembali normal kembali. (Adm)

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2
Baca Juga :  Sekelompok Warga Lamangga Paksakan Tutup Usaha Pencucian, Motifnya Aneh Tak Berdasar