Tahapan Pemilu Dimulai, KPUD Baubau Konsolidasi Ke Berbagai Pihak

21
Peluncuran tahapan pemilu dilakukan serentak seluruh Indinesia yang diikuti secara daring oleh KPU Baubau, tadi malam (14/6/2022).

SATULIS.COM, BAUBAU Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau resmi melaunching tahapan pemilu serentak 2024. Peluncuran tahapan pemilu dilakukan serentak seluruh Indinesia yang diikuti secara daring oleh KPU Baubau, tadi malam (14/6/2022).

Launching ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy’ari didampingi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang hadir mewakili presiden, Ketua DPR RI Puan Maharani, Wakil Ketua DPD RI dan para komisioner KPU RI.

“Tadi kita telah bersama-sama menyaksikan launching tahapan pemilu. Dengan dimulainya tahapan pemilu 2024 maka jam kerja KPU yang semula pukul 08.00 Wita sampai pukul 16.00 Wita, sudah resmi berubah menjadi 24 jam,” ungkap Ketua KPU Baubau, Edy Sabara saat menyampaikan sambutannya.

- Advertisement -

Sebagai langkah awal sedikitnya ada empat tahapan yang akan berlangsung di sepanjang tahun 2022. Diantaranya pendaftaran dan verifikasi partai politik,  pemutahiran data pemilih, penetapan alokasi kursi dan dapil, serta tahapan pencalonan.

Untuk tahapan kampanye dijadwalkan pada tahun 2023. Sementara tahapan pemungutan suara, perhitungan, sengketa dan pengucapan sumpah janji masuk di tahapan yang diselenggarkan di tahun 2024.

“Total tahapan pemilu ada sekitar 11 tahapan sampai dengan tahun 2024 mendatang. Nantinya di setiap tahapan itu akan ada beberapa program kerja,” tambahnya.

Diakui ada beberapa perubahan aturan dalam pemilu 2024. Diantaranya soal aturan kampanye. Jika dalam pemilu 2019 durasi waktu kampanye hingga enam bulan, maka dalam pemilu 2024 waktu kampanye hanya sekitar 75 hari.

Dengan durasi waktu yang singkat ini tentu dibutuhkan kerja keras khususnya semua jajaran KPU mulai dari pelaksanaan tahapan hingga pengadaan logistik dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan pemilu 2024.

Baca Juga :  Saksi Pemohon Kurang Berkualitas, Yusid Toyib dan Cok Hendri Ramapon Tetap Unggul

“Dengan dimulainya tahapan ini kita akan segera melakukan konsolidasi dengan berbagai pihak terkait guna mematangkan berbagai persiapan,” tutupnya. (adm)

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry