Kapolres Baubau Tindaklanjuti Usulan Pembentukan Polres Buton Tengah

310
Ketgam: Kapolres Baubau, Erwin Pratomo bersama jajarannya saat mempresentasikan pembentukan Polres Buton Tengah di Jakarta, Kamis (16/06/2022). Foto: Ist

JAKARTA, SATULIS.COM – Kapolres Baubau, AKBP Erwin Pratomo menunjukkan keseriusannya dalam pengusulan pembentukan Polres Buton Tengah (Buteng). Perlahan dan pasti, upaya Erwin mulai menuai hasil. Erwin Pratomo bersama sejumlah jajarannya menghadiri undangan Srena Mabes Polri dalam rangka Evaluasi dan Validasi Usulan Pembentukan Polres Buton Tengah oleh Kemenpan-RB dan Srena Polri di Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Bertempat di Hotel Mercure, Pria dengan pangkat dua bunga melati dipundaknya itu mempresentasikan kesiapan pembentukan Polres Buton Tengah kepada tim Kemenpan-RB dan Srena Polri. Disamping itu, ditindaklanjuti dengan pengecekan dokumen pendukung usulan pembentukan Polres Buteng, seperti sertifikat tanah serta kesiapan pemerintah Kabupaten Buteng dalam persiapan pembentukan kantor Polres Buteng.

“Hari ini Kapolres Baubau akan memaparkan kesiapan pembentukan Polres Buton Tengah,” tutur Kasi Humas Polres Baubau, Iptu Rahmad melalui siaran pers yang diterima redaksi SATULIS.COM, Kamis (16/06/2022).

- Advertisement -

Di wilayah Polda Sulawesi Tenggara (Sultra), selain usulan Polres Buteng, juga ada usulan dari Polres Kolaka Timur. Pasalnya, sampai saat ini, kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Kolaka itu masih dibawah wilayah hukum Polres Kolaka.

Sebelumnya, pada September 2021, Tim Studi Kelayakan Mabes Polri yang di pimpin Brigjen Pol Budi Yuwono menyambangi Kabupaten Buteng, dengan agenda meninjau lokasi pembangunan Polres Buteng. Dalam kesempatan itu, dirinya berkomitmen akan memprioritaskan pembentukan Polres dambaan warga di wilayah seribu goa itu, karena sudah tidak memiliki masalah terkait dengan lahan.

Proses pembentukan Polres Buteng juga sudah ditindaklanjuti oleh Penjabat (PJ) Bupati Buteng, Muhammad Yusup. Tak lama setelah menjabat sebagai PJ, atau tepatnya Senin (6/6/2022), Ia bertemu dengan Kapolres Baubau dan membahas beberapa hal, diantaranya persiapan pembentukan Polres Buteng yang rencananya akan dibangun 2023 mendatang.

Baca Juga :  Dianiaya Oknum Polisi saat Puasa, Orang Tua Korban: Anak ku Tidak Lari

Sekedar diketahui, Pemda Buteng dimasa kepemimpinan Samahuddin telah menghibahkan lahan seluas 10 hektar. Lokasinya berada di pusat perkantoran di Kelurahan Bombonawulu, Kecamatan Gu Kabupaten Buteng. Proses pengusulan pembentukan Polres Buteng tersebut, ternyata telah diusulkan sejak 8 tahun silam pasca mekar dari Kabupaten Buton. Hal itu mengingat mobilitas kepengurusan berbagai administrasi di Kepolisian harus menyeberang laut ke Kota Baubau.

“Semoga dengan terwujudnya Polres Buton Tengah ini nanti dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang ada di Kabupaten Buton Tengah, khususnya dari sisi pelayanan, keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujar Iptu Rahmat. (Adm)

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1