Perumda Air Minum Tirta Takawa Raih Kategori Sehat

53
Ketgam: Dirut Perumda Air Minum Tirta Rimba Buton, Sabaruddin (kiri) bersama ketua DPRD Goa ketika melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Goa. foto: ist

SATULIS.COM, BUTON Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Takawa, Kabupaten Buton, meraih kategori sehat dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Raihan itu dicapai melalui penilaian kinerja berdasarkan indikator dari kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) yang meliputi aspek keuangan, pelayanan, oprasional dan sember daya manusia (SDM).

Menurut catatan BPKP, dari aspek keuangan, capaian kinerja Perumda Air Minum Tirta Takawa Buton mendapat 0,83 dari nilai maksimal sebesar 1,25. Kemudian pada aspek pelayanan mendapat nilai 0,55 dari nilai maksimal 1,25. Sedangkan pada aspek oprasional mendapat nilai 0,9 dari jilai maksimal 1,75 dan aspek SDM sebesar 0,51 dari nilai maksimal 1,75.

- Advertisement -

Dari jumlah tersebut, total nilai kinerja yang diperoleh Perumda Tirta Takawa tahun 2021 berjumlah 2,83 atau naik 0,36 dari tahun 2020 yakni berjumlah 2,47.

Selain itu, dalam penilaian kinerja berdasarkan indikator keputusan menteri dalam negeri (Kepmendagri) Nomor 47 tahun 1999, Perumda Tirta Takawa Buton mendapat klasifikasi cukup dengan torehan nilai, 54,07.

Ketgam : Dirut Perumdam Air Minum Tirta Takawa, Sabaruddin, turun langsung meninjau salah satu sarana air bersih yang dikelola Perumdam Tirta Takawa Buton

Dirut Perumda Air Minum Tirta Takawa Buton, Sabaruddin mengatakan, capaian tersebut merupakan motifasi untuk lebih meningkatkan kinerja serta memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Adapun rencana peningkatan kinerja meliputi penekanan tingkat kehilangan air dan perbaikan kebocoran pipa. “Semua rencana ini dalam rangka meningkatkan pendapatan PDAM sekaligus tantangan kedepan. Sebab mempertahankan capaian saat ini bukan hal mudah. Sehigga dibutuhkan kerja kalaboratif disetiap mitra PDAM baik di provinsi maupun di pusat,” beber Sabaruddin kepada awak media, Jumat (24/6/2022).

Kata dia, capaian prestasi kali ini tidak terlepas dari rekomendasi BPKP sebelumnya yang kemudian menjadi acuan kinerja berikutnya. Tentunya, capaian ini akan disandingkan dengan rencana anggaran tahun 2022 ini.

Baca Juga :  Bupati Buton Buka Sosialisasi Peran Desa dalam Pencegahan Stunting

“Selain itu, saya terus melakukan evaluasi kerja internal setiap bulan bersama Kabag dan kepala unit untuk mengetahui capaian dan hambatan yang terjadi,” pungkasnya.

Salah satu pelanggan, LM Irvan mengaku puas dengan pelayanan air bersih yang diberikan Perumda Air Minum Tirta Takawa Buton. Disamping itu, kualitas airnya juga sangat baik.

“Kalau jadwal mengalirnya itu hampir setiap hari. Dimulai dari siang sampai sore hari. Artinya, kami puas dengan pelayanan itu,” pungkas warga Kelurahan Waruruma, Kecamatan Kokaluna itu. (Adm)

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry