Buka Turnamen Futsal, Monianse Tekankan Pentingnya Kekompakan dan Sportivitas

5
Ketgam : Walikota Baubau, La Ode Ahmad Moniase menendang bola sebagai tanda dibukanya dengan resmi Turnamen Futsal Kolese Cup IV, di Lapangan Kolese Kecamatan Lea-Lea Kota Baubau, Selasa (12/7/2022).

SATULIS.COM, BAUBAU – Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse menekankan pentingnya kekompakan dan sportivitas dalam sebuah turnamen. Hal ini disampaikan melalui sambutannya, saat membuka dengan resmi Turnamen Futsal Kolese Cup IV, di Lapangan Kolese Kecamatan Lea-Lea Kota Baubau, Selasa (12/7/2022).

La Ode Ahmad Monianse mengatakan, tujuan utama sebuah turnamen adalah untuk melahirkan bibit-bibit baru, yang memiliki semangat kebersamaan serta menjunjung tinggi sportivitas. Untuk itu pihaknya berharap, agar para pemain dan suporter dapat menjaga kekompakan dan kebersamaan tersebut.

Menurutnya, selain untuk berkompetisi, turnamen juga merupakan muara dari pembinaan dan pelatihan yang dilakukan oleh para pelatih dari setiap klub. Di mana melalui turnamen tersebut, program-program latihan yang selama ini dilakukan oleh setiap klub dapat dievaluasi, sudah sejauh mana hasil dari latihannya.

- Advertisement -

“Kalaupun belum dapat memberikan prestasi yang terbaik, ini juga akan menjadi momentum yang sangat strategis untuk mengevaluasi diri, pada sisi-sisi mana yang harus kita benahi. Sehingga pada turnamen berikutnya kita bisa belajar dari pengalaman itu untuk bisa meraih prestasi,” ujarnya.

La Ode Ahmad Monianse berharap, agar turnamen tersebut tidak hanya menjadi pertandingan olahraga untuk memperkuat skill atau keterampilan dalam bermain Futsal. Namun dapat menjadi wahana untuk mengembangkan kemampuan lain seperti kemampuan berkolaborasi, berkomunikasi, dan kritis.

“Dimasa yang akan datang kita membutuhkan beberapa hal, di antaranya ialah kemampuan kolaborasi, kemampuan komunikasi, dan kemampuan kritis. Kemampuan-kemampuan ini kadang-kadang kita tidak temukan disekolah, tapi itu didapatkan dari interaksi yang terjadi pada turnamen olahraga seperti ini,” tuturnya.

Orang nomor satu di Kota Baubau ini menambahkan, dengan kemampuan-kemampuan tersebut, akan lahir bibit-bibit baru dan mampu membangun sebuah tim yang solid. Pasalnya, tim yang solid adalah sebuah tim yang di dalamnya terbangun kolaborasi dengan memberikan kesamaan hak dan pandangan terhadap setiap anggotanya.

Baca Juga :  Ini Arah Kebijakan Pembangunan Kota Baubau Menurut Monianse

“Jadi mari kita gunakan kesempatan ini, kolaborasi yang baik itu adalah kolaborasi dari sebuah tim yang memberikan kesamaan hak dan pandangan terhadap orang lain. Karena kemenangan itu harus dibangun bersama, dan juara sejati adalah orang atau tim yang masih menghargai lawannya,” tutup La Ode Ahmad Monianse. (Adm)

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry