Kembangkan Industri Tenun Sulaa, Dekranasda Kota Baubau Gelar Pelatihan Penggunaan ATBM

29
Wa Ode Nursanti

SATULIS.COM, BAUBAU – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Baubau, menggelar Pelatihan Penggunaan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM), Pewarnaan, dan Mehani. Kegiatan tersebut, dalam rangka pengembangan Industri Tenun Sulaa, yang dijadwalkan akan berlangsung selama 28 hari.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua Dekranasda Kota Baubau Wa Ode Nursanti Monianse, S.Pd. pada Kamis (28/7/2022), di Kantor Dekranasda Kota Baubau tersebut, turut menghadirkan Desainer Nasional yang juga merupakan Staf Ahli Dekranas Pusat Wignyo Rahadi sebagai instruktur.

Wa Ode Nursanti Monianse dalam sambutannya berharap, agar dengan dihadirkannya Desainer Nasional sebagai instruktur dalam pelatihan tersebut, Sumber Daya Manusia (SDM) para peserta yang merupakan pengrajin Tenun tersebut dapat meningkat, dan mampu menghasilkan kain tenun yang berkualitas tinggi.

- Advertisement -

“Saya berharap agar dengan hadirnya Desainer Nasional ini, para penenun kami dapat meningkatkan kemampuannya, sehingga betul-betul menghasilkan kain tenun yang mampu bersaing. Bukan hanya ditingkat Regional dan Nasional, tetapi juga mampu bersaing ditingkat Internasional,” harapnya.

Untuk itu Wa Ode Nursanti Monianse menghimbau, agar para peserta dapat memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik, dan mengikutinya dengan sungguh-sungguh. Di mana, untuk menghadirkan seorang Desainer Nasional dalam kegiatan seperti pelatihan tersebut merupakan hal yang langkah.

“Kami sangat berharap, agar kegiatan ini dapat diikuti dengan baik, apa lagi ada Desainer Nasional yang akan melatih kita, dan ini merupakan hal yang jarang terjadi. Jadi mari kita manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, tentu harus dilandasi dengan komitmen dan kemauan yang tinggi,” ujarnya.

Wa Ode Nursanti Monianse juga memberikan apresiasi, serta ucapan terima kasih kepada Bank Indonesia (BI), atas kerja samanya dalam mendukung upaya peningkatan SDM pengrajin Tenun Sulaa. Di mana, selain mensponsori kegiatan tersebut, BI juga telah memberikan bantuan Lima unit ATBM kepada pengrajin Tenun Sulaa. (Adm)

Komentar
Baca Juga :  Pameran HPN, Ikan Katapai Banyak Diminati Pengunjung