Pemda Wakatobi Salurkan 1,6 Ton Bibit Rumput Laut Cottonii

158
Ketgam : Kabid Usaha Perikanan Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Wakatobi, Ode Masnur. Foto: Arjuno/ SATULIS.COM.

SATULIS.COM, WAKATOBI – Pemerintah Daerah Kabupaten Wakatobi melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) menyalurkan 1,6 ton bantuan bibit rumput laut jenis Cottonii dari Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung.

Bantuan tersebut di peruntukan untuk nelayan rumput laut di 3 desa, yakni Desa Liya One Melangka, Desa Liya Mawi, dan Desa Liya Togo yang terdiri 4 kelompok, yakni kelompok nelayan budidaya Satu Hati, Tunas Mekar, Lakantara, dan Sumber Agar.

“Masing-masing menerima 4 paket bantuan untuk 4 kelompok dari total bantuan bibit rumput laut sekira 1,6 ton. Tiap kelompok mendapatkan bantuan bervariasi, karena ada yang anggotanya berjumlah 10-13 orang dari jumlah maksimal 15 orang per kelompok,” ujar Kepala bidang (Kabid) Usaha Perikanan Budidaya DKP Kabupaten Wakatobi, Ode Masnur, Senin (1/8/2022).

- Advertisement -

Untuk mengetahui efek bantuan tersebut, kedepan pihaknya telah melibatkan beberapa penyuluh yang khususnya di bidang budidaya untuk melakukan monitoring dan pendampingan.

“Utamanya yang kita pantau sekarang adalah pertumbuhan Cottonii itu, dan disampaikan oleh rekan-rekan dari Balai Besar Lampung agar dilakukan monitoring. Sehingga langsung kita lakukan monitoring dengan rekan-rekan balai,” ungkapnya.

Ia berharap seluruh penerima bantuan agar dapat memaksimalkan bantuan tersebut dengan memelihara dan melakukan perawatan yang baik, sehingga dapat memberikan efek terhadap ekonomi para nelayan rumput laut.

“Apalagi sekarang ini harga Cottonii di pasaran sudah mencapai 44 ribu, sementara untuk Spinossum menembus angka 11 ribu, rata-rata dulu Spinossum standarnya Rp 8-9 ribu per kilogramnya dalam bentuk kering,” tutupnya.

Penulis: Arjuno
Editor: Hariman

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Pemdes Ambeua Raya Serahkan BLT Ke Rumah Warga