Gelar Simulasi Kebakaran, KPU Baubau Gandeng DPKP

14

SATULIS.COM, BAUBAU – Komisi Pemilihan Umum Kota Baubau (KPU Baubau) menggandeng Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Baubau menggelar simulasi penanganan dan pemadaman kebakaran dalam rangka mendukung tahapan Pemilu 2024.

Bertempat di halaman kantor KPU Baubau, simulasi diikuti seluruh Komisioner dan staf kesekretariatan KPU Baubau, Jumat (12/8/22).

Dalam simulasi yang baru pertama kali dilaksanakan KPU Baubau ini, personil Damkar DKP memperlihatkan cara penggunaan alat pemadaman api ringan (Apar), teknik memadamkan api menggunakan karung yang telah dibasahi air, juga cara memasang serta membuka regulator tabung gas.

- Advertisement -

Para Komisioner dan staf kesekretariatan KPU Baubau tampak antusias mengikuti jalannya simulasi.

Ketua KPU Baubau, Edi Sabara mengatakan simulasi bertujuan untuk memastikan semua aset KPU aman.
Belajar dari musibah kebakaran yang terjadi di kantor KPU Tanah Tidung Kalimantan Utara.

Kata Edi, melalui pelatihan ini pihaknya meminimalisir, memitigasi bahaya, khususnya bahaya kebakaran. Termasuk pula telah menyiapkan Apar baik di kantor maupun di gudang KPU Baubau, yang setiap tahun harus diganti.

“Menjadi pengetahuan bagi kami (Materi simulasi), dan Apar-nya kami siapkan, tetapi mudah-mudahan jangan sampai digunakan. Artinya keselamatan kita semua terjaga,” jelas Edi Sabara usai simulasi.

Lebih lanjut Edi Sabara menyampaikan, mengingat pentingnya pencegahan kebakaran, maka pihaknya akan menggelar simulasi serupa secara berkala. Sebab menurutnya, dengan berkali-kali mendapatkan pelatihan dari profesional Damkar, maka semakin memantapkan pemahaman serta skill dalam meminimalisir bahaya kebakaran. (Adm)

Komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Karena Puntung Rokok, Lahan Diseputar Kantor Kecamatan Betoambari Terbakar